MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING

Indah Puspita Sari

Abstract


Penelitian kuasi ekperimen ini dilakukan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling sehingga didapat dua kelas VIII yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan problem posing dan siswa kelas kontrol mendapatkan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari 5 butir soal berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Problem Posing


Keywords


Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Problem Posing

References


Balitbang-Depdiknas. (2007). Ringkasan Studi PISA. Jakarta: Depdiknas.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. [Online]. Tersedia: http:// www.nctm. org/standars/ overview. htm [25 Mei 2014]

Polya, G. (1957). How to Solve It", 2nd ed., Princeton University Press, 1957, ISBN 0-691-08097-6. [online]. Tersedia: http://www.math.utah.edu/~pa/math/polya.html.

Rohaeti E, E. (2008). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode IMPROVE untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematika siswa SLTP. Disertasi pada Sekolah Pascasarjana UPI: Diterbitkan pada Educationist, tahun 2010.

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Guru dan Siswa SMP. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung: tidak diterbitkan.

Sumarmo. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana Tahun Ketiga. UPI Bandung.

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi pada PPS UPI: tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.