PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMK DI KOTA CIMAHI

Eka Senjayawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa SMK di Kota Cimahi. Rendahnya kemampuan komunikasi  dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional SMK dan Kriteria Ketuntasan Minimal matematika beberapa sekolah masih kategori rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini berbentuk eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes postes. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran secara konvensional. Instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematik. Populasi penelitian ini adalah SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Cimahi yang memiliki karakteristik nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 7,00 untuk mata pelajaran matematika. Sampel dipilih secara acak kelas terpilih kelas XI Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan XI Ak 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, untuk melihat perbedaan rata-rata kedua kelas dengan uji-t kemudian melihat besarnya peningkatan dengan nilai gain. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional

Kata Kunci : Komunikasi Matematik, Pendekatan Kontekstual

Keywords


Komunikasi Matematik, Pendekatan Kontekstual

References


Ester, R. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Think-Pair-Square terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Tesis pada SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Hendriana, H. (2009). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik, Komunikasi Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Kurniawan, R. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Disertasi Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Lestari, P. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa SMK melalui Pendekatan Kontekstual. Tesis pada SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemmapuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Realistik. Disertasi UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2012). Bahan Ajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Bandung:Tidak diterbitkan.

Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta:Graha Ilmu

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press

Zulkarnaen, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa SMA melalui Pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA.UNY: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.