STRATEGI FORMULATE SHARE LISTEN CREATE UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSING SISWA SMP

M Afrilianto (1*)


(1) Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kemampuan mathematical problem posing siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kota Bandung, sedangkan sampelnya adalah SMP Negeri 41 Bandung dan dipilih dua kelas secara acak dari seluruh kelas VIII yang ada. Kemudian dari kedua kelas tersebut ditetapkan secara acak yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan mathematical problem posing,  lembar observasi selama pembelajaran, dan angket skala sikap siswa. Pengolahan data untuk uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t’ dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mathematical problem posing siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa. Kemudian sikap siswa menunjukkan sikap positif terhadap matematika, kegiatan pembelajaran dengan strategi Formulate Share Listen Create, dan terhadap soal tes kemampuan mathematical problem posing siswa.

Keywords


Mathematical problem posing, strategi Formulate Share Listen Create

References


Bonotto, C. (2013). “Artifacts as Sources for Problem-Posing Activities”. Educational Studies in Mathematics (2013) 83:37-55. DOI 10.1007/s10649-012-9441-7.

Chang, K-E., Wu, L-J., Weng, S-E., & Sung, Y-T. (2012). “Embedding Game-Based Problem-Solving Phase into Problem-Posing System for Mathematics Learning”. Computers & Education 58 (2012) 775-786. Journal homepage: www. Elsevier.com/locate/compedu. Publish online: 8 November 2012. # Springer Science+Business Media Dordrecht 2012.

Da Ponte, J.P., and Henriques, A. (2013). “Problem Posing Based on Investigation Activities by University Student”. Educ Stud Math (2013) 83: 145-156. DOI 10.1007/s10649-012-9443-5.

Emay, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Reys, R. E., Suydam, M. N., Lindquist, M. M., & Smith, N. L. (1998). Helping Chidren Learn Mathematics (5thed). Massachusetts: Allyn and Bacon.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non- Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Setiadi (2010). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Think-Pair-Share. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Singer, F.M., Ellerton, N., Cai. J. (2013). “Problem-posing research in mathematics education: new questions and directions” Educational Studies in Mathematics (2013) 83:1–7. DOI 10.1007/s10649-013-9478-2

Slavin, R. E. (1995). Cooperatif Learning: Theory, Research, and Practice. Second Edition. Massachussetts: Allyn and Bacon Publishers.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Tahun Pertama Hibah Bersaing Pascasarjana UPI.

Sumarmo, U. (2014). Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Matematik bagi Guru dan Siswa untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2014). Peran Matematika dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.


Article Metrics

Abstract view : 719 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.