PENGEMBANGAN KAPASITAS WISATA BUDAYA MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KESENIAN SASAKALA KARINDING KINANTI DI PKBM KINANTI KECAMATAN LEMBANG

Authors

  • Fahmi Arachim PKBM Kinanti Lembang

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.371

Abstract

Dalam rangka penyelenggaraan pelayaanan kepada pelaku seni  dan peningkatan  pengetahuan keterampilan  individu maupun organisasi agar teroptimalkanya potensi seni budaya lokal yang ada di lingkungan sekitar. Pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat  mengandung sebuah pemahaman tentang berbagai upaya meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan pelaku seni.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat melalui   program kesenian sasakala karinding kinanti di PKBM Kinanti Kecamatan Lembang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga dapat menganalisis pengembangang kapasitas wisata budaya masyarakat dan faktor pendukung serta penghambat yang  dihadapi dalam pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat di PKBM Kinanti Kecamatan Lembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian antara lain: (1)perencanaan pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat (2) pelaksanaan pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat (3)evaluasi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat. Hasil penelitian ini adalah strategi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat yang di lakukan kelompok seni sasakala karinding kinanti ini sudah cukup memadai dengan faktor pendukung dan penghambat. Saran yang di berikan adalah Kelompok Seni Sasakala Karinding Kinanti harus lebih inovatif dalam pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat. Kata Kunci: Pengembangan Kapasitas, Wisata Budaya Masyarakat, Program Kesenian Sasakala Karinding  Kinanti

References

Kurniawan, B. 2012. Ilmu Budaya Dasar. Tanggerang: Jelajah Nusa

Abdulah,Tata.(2006).Budaya Sunda Kini, Dulu Dan Masa Depan. Bandung : Kencana Utama

Oka, yoeti, at.al. 2006. Pariwisata Budaya Masalah Dan Solusinya. Jakarta : PT Malta Printindo

Kamil, Mustofa. (2009). Pendidikan Non Formal. Bandung : Alfabeta

Sudjana,D (2004).Pendidikan Non Formal. Bandung : Falah Production

Sudjana,D 1996 Pendidikan Luar Sekolah Wawasan Sejarah Perkembangan Falsafah dan Teori Pendukung Asas . Bandung : Falah Production.

Lestari Susi. 2009. Skripsi Pengembangan Desa Wisata Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat : Universitas Islam Megri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Amalia Ayuni Hakim 2012. e-Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran V0.1 Konservasi Kesenian Karinding oleh Komunitas Karinding Attack (karat)dalam Upaya Pelestarian Budaya Seni Sunda : Universitas Padjajaran.

Nazir,Mohammad.2005.Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia .

Moeleong, L.J. 2008.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya.

Ejournal article Pengembangan Kapasitas (capacity building) Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang Jenivia Dwi Ratnasari, Mochamad Makmur, Heru Ribawanto 1999 Kabupetan,Jombang.

Nuharismana Sule.2012 Tesis Karinding Kawung Kana Seni Tradisional di Cineam Kabupaten Tasikma laya : Universitas Pendidikan Indonesia .

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat 2015 Statistik Daerah Provinsi Jawa Barat 2015 : BPS Provinsi Jawa Barat.

Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003.

Undang-Undang Dasar 1945.

Downloads

Published

2017-02-28