PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Penelitian Deskriptif Di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat)

Authors

  • Agus Sumitra STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p60-70.573

Keywords:

Proses pembelajaran, metode Montessori, keterampilan sosial, anak usia dini.

Abstract

Pada penelitian ini, penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut: 1). Perencanaan pembelajaran, pengembangan dan proses kegiatan pembelajaran belum mengacu betul terhadap tahap-tahap perkembangan anak, 2). Keterampilan sosial belum tertampilkan secara optimal mengingat sarana dan prasarana yang menunjang pengembangan keterampilan sosial belum memadai, 3). Pembelajaran anak usia dini masih terfokus pada peningkatan kemampuan akademik (hapalan dan calistung), 4). Rasa egois pada diri anak masih tinggi disebabkan cakrawala sosial anak terbatas dirumah, peserta didik seringkali memikirkan diri sendiri. Kemudian penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana proses pembelajaran metode montessori terhadap keterampilan sosial anak?Berdasarkan pada rumusan masalah di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1). Rencana pembelajaran dengan metode montessori dalam upaya meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini dengan bermacam aktifitas di PAUD, 2). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode montessori dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini, 3). Evaluasi proses pembelajaran dengan menggunakan metode montessori untuk meningkatkan keterampilan sosiak anak usia dini, 4). Untuk mengembangkan keterampilan sosial anak yang tertampilkan sebagai hasil pembelajaran dengan menggunakan metode montessori pada anak usia dini.Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui seberapa besar proses pembelajaran peserta didik dengan menggunakan metode montessori dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi terhadap sumber data, objek penelitian yaitu PAUD Assya’idiyah, Kecamatan. Cipongkor, Kabupaten. Bandung Barat.Dari hasil penganalisisan data di peroleh sebagai berikut: 1). Perencanaan pembelajaran di PAUD Assya’idiyah sesuai dengan metode Montessori dimulai dari penyambutan, apersepsi, kegiatan inti, istirahat dan kegiatan akhir, 2). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode montessori mengacu pada beberapa aspek pendidikan yang merupakan prinsip metode montessori, yaitu aspek pentingnya kebebasan, aspek struktur dan keteraturan, aspek realistis dan alami, aspek keindahan dan nuansa dan aspek alat bermain montessori, 3). Evaluasi pembelajaran yang menggunakan metode montessori cukup efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial anak, 4). Tertampilkan perilaku anak dari antusias belajar, hasil karya anak dan ketanggapan anak terhadap permasalahan pada kegiatan belajar.Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan penelitian dari hasil pengalaman belajar berkenaan dengan keunggulan pendekatan metode montessori adalah metode montessori ini cukup efektif digunakan pada pembelajaran anak usia dini karena mampu mengembangkan keterampilan sosial anak.

Downloads

Published

2014-02-28