Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Penguatan Budaya Sekolah di SMA Negeri 5 Kupang

Arifin Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penumbuhan budi pekerti melalui budaya sekolah di SMA N 5 Kupang, juga mengetahui bagaimana upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara interaktif model Miles dan Hubberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sekolah SMA N 5 Kupang telah melakukan upaya penumbuhan budi pekerti, penumbuhan budi pekerti dilakukan melalui penguatan budaya sekolah. Adapun jenis pembiasaan yang dilakukan di sekolah antara laian melalui kegiatan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun), civitas akademika sekolah bergaul secara ramah dan santun, membiasakan ibadah bersama (sesuai agama), internalisasi dalam kegiatan belajar mengajar, pendisiplinan peserta didik dan guru, dan adanya anjuran untuk menjaga 7 K (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan, Kerapihan dan Kekeluargaan).


Keywords


Budi Peketi, Budaya Sekolah

References


Ariefa Efiningrum (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 2 Nomor 1. Online https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/view/23404/pdf.

Arifin 2018. Upaya Penumbuhan Nilai Budi Pekerti Pada Sekolah Muhammadiyah di Kota Kupang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan IV. Universitas Muhammadiyah Ponorogo Press.

Eva Maryamah. 2016. Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi Volume 2 Nomor 02 Juli-Desember. Online https://media.neliti.com/media/publications/256481-pengembangan-budaya-sekolah-1bf3dd81.pdf

Djemari Mardapi. 2003. Unsur Unsur Budaya Sekolah. Online https://www.coursehero.com/file/p645ne1/Djemari-Mardapi-2003-membagi-unsur-unsur-budaya-sekolah-jika-ditinjau-dari/

Gunawan. H. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Muhaimin. Dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Samsul Nizar, ed., Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, cet. Ke-4, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), h. v )

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Sari, N.K. 2013. Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. Online http://nurii-thaa.blogspot.com/2013/04/pendidikan-dan-pembinaan-karakter-bangsa.html

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sudewo, E. (2011). Best Practice Character BulidingMenuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta: Republika Penerbit.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v6i1p1-13.1247

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.