SUPERVISI AKADEMIK DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 CIMAHI

Authors

  • Daud Saleh SMKN I Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1404

Keywords:

Kata Kunci, Supervisi, pembelajaran, produk, kewirausahaan

Abstract

Abstrak: Tujuan pendidikan nasional salahsatunya yaitu mengembangkan potensi-potensi peserta didik. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut guru sebagai ujung tombak pendidikan di lapangan mempunyai peranan penting. Oleh karena itu dalam mewujudkan guru yang berkualitas di SMKN 1 Cimahi dilaksanakan supervisi oleh kepala sekolah kepada guru-guru SMKN I Cimahi dalam mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas terutama dalam pembelajaran produk kewirausahaan yang masih belum maksimal. Metode penilitian yang dilaksanakan adalah metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan subjek tiga guru dan tiga kelas di lingkungan SMKN I Cimahi. Instrumen yang digunkan adalah tes dan observasi. Hasil dari hasil pengolahan data yang diperoleh instrumen tersebut menunjukan terdapat peningkatan kualitas pembelajaran produk kewirausahaan di SMKN I Cimahi. Abstract: One of the goals of national education is to develop students' potentials. To realize this the teacher as the spearhead of education in the field has an important role. Therefore, in realizing quality teachers at SMK 1 Cimahi, supervision was carried out by the school principal to the teachers of SMK 1 Cimahi in realizing a quality learning process, especially in learning entrepreneurial products that were still not maximized. The research method implemented was the school action research method (PTS) with the subject of three teachers and three classes in Cimahi I National Vocational School. The instruments used are tests and observations. The results of data processing obtained by the instrument show that there is an increase in the quality of learning entrepreneurship products in SMK I Cimahi.

References

E. Mulyasa. (2005). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Edisi 2 Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Masaong, Kadim. (2012). Supervisi pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru. Bandung:

Ngalim, Purwanto. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Takarini, Sri. (2016). Supervisi akademik 5W&1H. Salatiga: Griya Media.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktifistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Published

2019-11-09