KORELASI NILAI MATEMATIKA DENGAN HASIL PENILAIAN HARIAN EKONOMETRI DI KELAS X SMK NEGERI 5 PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Asep Rusmana SMKN 5 Pangalengan

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1410

Keywords:

Supervision, Correlation, Daily Rate

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang berkembang saat ini seharusnya sudah menggunakan pendekatan student center  sehingga peran guru hanya sebagai pembimbing dan fasilitator ketika proses pembelajaran. Namun dalam kenyataannya, pembelajaran di lapangan seperti di SMKN 5 Pangalengan sebagian besar masih menggunakan pendekatan teaher center.  Dalam mengatasi permasalahan tersebut kepala sekolah dalam penelitian ini mengadakan supervisi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran inovatif agar pendekatan yang digunkan di kelas adalah pendekatan student center. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas X SMKN Pangalengan. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan nilai matematika semester 1  berpengaruh kuat pada hasil penilaian harian materi ekonometri fungsi permintaan, fungsi penawaran dan harga keseimbangan.Kata Kunci: Supervisi, Korelasi, penilaian harian Abstract: Learning that is developing at this time must use student schools so that the teacher's role is only as a guide and facilitator of the learning process. However, learning in the field like in SMK 5 Pangalengan still mostly uses the Teaher Center. In overcoming this problem, the principal in this study conducted supervision to improve the quality of learning by using innovative learning models so that they could be used in classrooms needed by the student center. The method used in this study is a school action research (PTS) with research subjects as teachers and class X students of Pangalengan Vocational School. The instruments used were observation and tests. The results of this study are related to the mathematics scores of semester 1 which strongly support the daily results of the econometric material demand function, supply function and price balance.Keywords: Supervision, Correlation, Daily Rate

References

Anita, Lie. (2008). Cooperative learning. Jakarta: PT Grasindo.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Septiyan, G. (2017). Pengaruh model teams games tournament terhadap keterampilan pengambilan keputusan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 106-116. doi:https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5547

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Trianto. (2007). Mendesain model pembelajaran inofatif-progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Published

2019-11-09