PENYUSUNAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Agni Muftianti PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1422

Abstract

Abstrak: Perkembangan Sains dan Teknologi saat ini berkembang pesat, dan penggunaannya semakin mudah digunakan oleh masyarakat luas. Dengan teknologi, pembelajaran bahasa Indonesia akan lebih mudah untuk memahami dan memberikan pengalaman belajar yang luas. Dalam penelitian ini, Teknologi digunakan untuk menciptakan sumber belajar bahasa berbasis Teknologi Informasi untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, dan bermakna karena memberikan pengalaman belajar yang luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one shoot case, dimana penelitian dilakukan melalui pendekatan yang menggunakan pengumpulan data pada suatu waktu yang kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengukur efektivitas bahan ajar yang dibuat berdasarkan analisis penggunaan media Teknologi Informasi sebagai sumber pengajaran untuk keterampilan mengajar bahasa. Dilihat dari hasil analisis data yang diperoleh, keterampilan mengajar mahasiswa berkembang dengan baik setelah menerima penguatan bahan ajar berbasis teknologi informasi. Dengan bahan ajar berbasis teknologi informasi, lebih banyak membantu mahasiswa dalam menyampaikan pembelajaran dan memfasilitasi siswa dalam menguasai beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru.

References

Bhargava, A. (2009). Comparative study of teaching skills of in service teachers trained through regular and distance mode. International Journal of instructional technology and distance learning , 6.

Cahyani. Kajian Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196407071989012-ISAH_CAHYANI/19._KAJIAN_PROSES_PEMBELAJARAN_BAHASA_INDONESIA.pdf

Joyce, B., & Weil, M. (1980). Models of Teaching. Second Edition. New Jersey: Prentice/Hall International Edition.

Karami, M., Karami, Z., & Attaran, M. (2013). Integration problem based learning with ICT for developing trainee teachers content knowledge and teaching skills. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology , 36-49.

Malalina. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Volume 7 No.2 Juli 2013. https://media.neliti.com/media/publications/122395-ID-pengembangan-bahan-ajar-interaktif-berba.pdf

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Professional. Bandung: Rosdakarya.

Prihantana. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Animasi Stop Motion Untuk Siswa Smk. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran (Volume 4 Tahun 2014). Tersedia : https://media.neliti.com/media/publications/207201-pengembangan-bahan-ajar-interaktif-berba.pdf.

Puspita, L. Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Artikel (Online). Diakses tanggal 23 mei 2016: http://www.scribd.com.Strategi-Pembelajaran-bahasa-indonesia-sekolahdasar.

Rani, B. (2011). Classification of the teaching skills based on Q-Methodology using the perceptions od sec. School teachers. International Journal of Educational Planning & Administration , 1, 141-150.

Rasto. (2015). Pembelajaran Mikro Mengembangkan Keterampilan Mengajar Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Safitri dan Sontani (2016). Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 144-153.

Samson, V. R., & Vyjayanthi, S. (2013). Pre-University Teachers Teaching Skills. Journal of Education and Practice , 5, 90-96.

Suarni, Ni Ketut. 2009. Psikologi Perkembangan 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosda karya.

Published

2019-11-09