PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X MEKATRONIKA-B SMK NEGERI 2 KOTA CIMAHI

Rulyan Saptaji

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan strategi pembelajaran inkuiri. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa serta lembar observasi psikomotorik untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator afektif adalah 75%, sedangkan kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk hasil belajar dan nilai psikomotor siswa adalah 75,00. Hasil penelitian dapat disimpulkan dengan diterapkannya strategi Pembelajaran Inkuiri berbantu media pembelajaran berbasis komputer, kompetensi siswa pada standar kompetensi mendiskripsikan konsep pengukuran besaran-besaran listrik dan melakukan pengukuran besaran listrik mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi pada aspek afektif adalah sebagian besar (81,61%) siswa berperilaku baik, yang semula hanya mencapai 43,85% pada pertemuan pertama, meningkat menjadi 81,61% pada pertemuan keenam. Peningkatan terjadi pada aspek psikomotorik sebagian siswa pada tugas kelompok pertama, meningkat menjadi sebagian besar pada tugas kelompok kedua. Peningkatan yang terjadi pada aspek kognitif pada rata-rata nilai pretest yang semula sebagian kecil (52,12) pada siklus pertama, meningkat menjadi sebagian (74,65) pada posttest siklus kedua

Keywords


kompetensi, strategi pembelajaran inkuiri, berbasis komputer

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Erlina, S. (2011). Pengaruh model inkuiri terbimbing (guide inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep listrik dinamis. Skripsi. FT UNY.

Kemdikbud. (2013). 88 persen lulusan smk diserap dunia kerja. Diakses dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-bulanan/2013/home2-5/309-88-persen-lulusan-smk-diserap-dunia-kerja pada tanggal 25 Maret 2019 pukul 19.25 WIB.

Kompas. (2013). Jumlah SMK Terus Ditambah. Diakses dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/08/29/20190521/Jumlah.SMK.Te rus.Ditambah pada tanggal 25 Maret 2019 pukul 11.26 WIB.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.1988

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.