KONDISI AKHLAK NARAPIDANA KORUPSI

Muhammad Rezza Septian

Abstract


Penelitian di Lembaga Permasyarakatan Sukamiskin Bandung ini berawal dari rasa ingin tahu yang tinggi peneliti sebagai seorang mahasiswa yang dituntut peka terhadap realitassosial yakni mengenai Kondisi Akhlak Narapidana Korupsi. Akhlak ialah keadaan (hal) jiwa yang mendorong melakukan aktifitas tanpa dipikir dan direnungkan terlebih dahulu, akhlak dapat berubah dengan cara pendidikan (pembinaan). Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan keagamaan berperan dalam membina akhlak narapidana korupsi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran kondisi akhlak narapidana korupsi yang mencakup aspek kearifan, sederhana, berani, adil, dan dermawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang kemudian datanya diolah dan disajikan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif. Setelah hasil data diketahui kemudian dapat digambarkan mengenai kondisi akhlak narapidana korupsi. Berdasarkan metode penelitian tersebut, diperoleh hasil bahwa kondisi akhlak narapidana korupsi paling banyak berada pada kategori rendah sekali.


Keywords


Akhlak, Narapidana Korupsi

References


A.A Wittimena, R. (2012).Filsafat Anti-Korupsi, Yogyakarta: Kanisius.

AbulQuasem dan Kamil. (1988). Etika AL-Ghazali; EtikaMajemuk di dalam Islam, Bandung: Pustaka.

Al-Jauziyyah, Ibn Al-Qayyim.(1998). Madarij As-SalikinbainManazilIyyakaNa’budwaIyyakNasta’in, (Terj.) KathurSukardi, Jakarta:Pustaka Al-kautsar.

Al-Shan’ani. (tt).Subul Al-Salam, Beirut:Dar al-Shar,

Al-Jarjani, Ali Ibn Muhammad.(1988). Kitab al-Ta’rifat, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Alatas, Syed Hussein.(1981). Sosiologi Korupsi Sebuah Penjelajahan dengan Data Kontemporer, Jakarta:LP3ES

Alfan, M. (2011). filsafatetika Islam, Bandung:PustakaSetia.

Anwar, R. (2010). AkhlakTasawuf, Bandung:PustakaSetia.

Arikunto, S. (1987).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Bina Aksara.

Rifa’i, B. dan Mud’is, H. (2010). Filsafat Tasawuf, Bandung:PustakaSetia.

Bibit S Rianto, B.S danNurlis E. Meuko.(2009). Koruptor Go To Hell!:mengupasanatomikorupsi di Indonesia, Bandung:Hikmah.

Danil, E. (2012). Korupsi: konsep, tindakpidana, danpemberantasannya, Jakarta:RajaGrafindopersada.

Daud, Ahmad.Segi-Segi Pemikiran Falsafi dalam Islam, Jakarta:Bulan Bintang

Departemen Agama RI, (2000). Al-‘Alyy Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV.Diponegoro: Bandung.

HAMKA. (1990). Tasawuf Modern, Jakarta:PustakaPanjimas.

IbnMiskawaih.MenujuKesempurnaanAkhlak, (Terj). Bandung:Mizan

Ja’cub, Hamzah.(1978). etikaislam: pokok-pokokkuliahilmuAkhlak, Jakarta:Publicita.

Kartono, Kartini. (2005). Patologi Sosial Jilid I, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Mahmud, Abdul halim.(2002). Tasawuf di Dunia Islam, (Terj.)Zaky al-Kaaf, Bandung: PustakaSetia.

MajelisTarjih-Tajdid PP Muhammadiyahdan Tim KerjaGerakanNasionalPemberantasanKorupsi PBNU kemitraanbagipembaruantatapemerintahan. (2010). KoruptorituKafir: TelaahFiqihKorupsiMuhammadiyahdan NU, Bandung:Mizan,

Muhammad RawwasQal’ajidan Hamid ShadiqQunaibi, (1985).mu’jamlughat al-fuqaha’, Beirut:Dar al-Nafis,

PusatBahasa DEPDIKNAS, (2008). KamusBahasa Indonesia, Jakarta: PusatBahasa.

Riduwan.(2009).Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013).StatistikauntukPenelitian, Bandung:Alfabeta.

SurachmindanSuhandiCahya. (2011). StrategidanTeknikKorupsi; mengetahuiuntukmencegah, Jakarta:SinarGrafika

Syukur, Amin.(2010). StudiAkhlak, Walisongo press: Semarang.

Syukur, Amin.(1994). TasawufSosial, Yogyakarta:PustakaPelajar




DOI: https://doi.org/10.22460/q.v3i1p1-6.1207

Article Metrics

Abstract view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.