METODE SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • Artyarini Artyarini MTs YPMI Wanayasa Kabupaten Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v3i1p11-15.1546

Keywords:

Sosiodrama, Bimbingan dan konseling, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian konseptual terkait penggunaan metode sosiodrama dalam layanan bimbingan dan konseling. Sosiodrama merupakan sebuah cerita yang berkaitan dengan kehidupan sosial manusia. Sosiodrama merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar peserta didik dapat lebih terlibat dalam permasalahan yang terjadi disekitarnya.  Secara garis besar sosiodrama bertujuan agar peserta didik dapat meninjau dan menghayati permasalahan sosial di sekelilingnya dengan berbagai sudut pandang.  Dalam bimbingan kelompok, langkah-langkah yang dilakukan untuk menyelenggaraan sosiodrama meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penutupan

References

Browne, R. (2005). Towards A Framework for Sociodrama. Tesis. Board of Examiners of the Australia and New Zealand Psychodrama Association Incorporated.

Djamarah, S.B. (2000). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Engkoswara. (1984). Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016).

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta.

Kurniawan, D.E. dan Pranowo, T.A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan TeknikSosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, Volume 02 Number 01 2018 ISSN: Print 2549 4511 – Online 2549-9092

Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Published

2019-01-01

How to Cite

Artyarini, A. (2019). METODE SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 3(1), 12–15. https://doi.org/10.22460/q.v3i1p11-15.1546