IMPLEMENTASI RESTRUKTURISASI KOGNITIF MODEL COPING THOUGHT DALAM SETTING KONSELING KELOMPOK

Authors

  • Ardian Renata Manuardi IKIP Siliwangi
  • Sandi Mustopa IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v5i1p1-8.2169

Keywords:

Kata Kunci, Coping Thought, Restrukturisasi Kognitif, Konseling Kelompok

Abstract

Keberagaman sebuah teknik dalam setting konseling kelompok dinilai sebagai suatu obat dalam sebuah proses penyembuhan dengan berdasar pada upaya-upaya preventif maupun kuratif, namun, ketidaksesuaian antara teknik yang diberikan justru akan menimbulkan sebuah permasalahan baru oleh konseli. Dalam artikel ini menjelaskan secara spesifik tentang implementasi sebuah teknik dalam konseling yaitu restrukturisasi kognitif model coping thought secara praktis dan pendalaman materi secara teoritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif yang mencoba untuk mendeskripsikan langkah-langkah implementasi dan kesesuaian dalam pengentasan permasalahan pribadi dan sosial. Populasi dan pemilihan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada prinsip pendekatan kualitatif dengan penggunaan potensi sampel acak. Hasilnya implementasi restrukturisasi kognitif model coping thought ini sangat relevan diimplementasikan dalam setting konseling kelompok dan peneliti tidak menemukan kesulitan yang berarti karena pada dasarnya peneliti sudah memilah-milah secara spesifik tentang model pendekatan restrukturisasi kognitif dalam setting konseling kelompok ini.

References

Alford, B. A, Beck, A. T. (1997). The Integrative Power of Cognitive Therapy. New York: Guilford.

Anggia, dkk. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas VII Smpn 22 Kota Bengkulu. Jurnal ilmiah bimbingan dan konseling. Vol. 1 No. 2

Apriyanti, S. (2013). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksikecemasan Komunikasi Pada Remaja Terhadap Peserta Didik Kelas X Sma Pasundan 2 Bandung. Skripsi. Universitas putra indonesia.

Beck, A. T. & Weishaar, M. E. (2005). Cognitive Therapy. Belmont, CA: Thomson Brooks/Cole.

Beck, J. S. (2011). Cognitive Behavior Therapy Basic and Byond, 2nd Edition. New York: The Guilford Press

Cherian. J & Jacob. J. (2013). Impact of Self Efficacy on Motivation

and Performance of Employees. International Journal of Business and Management; Vol. 8, No. 14. Published by Canadian Center of Science & Education.

Colorafi, K. J., & Evans, B. (2016). Qualitative descriptive methods in health science research. HERD: Health Environments Research & Design Journal, 9(4), 16-25.

Fitri, E. N., & Marjohan,M. (2017). Manfaat Layanan Konselingdalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO; Jurnal Pendidikan Indonesia,2 (2),19-24.

George, A. L. (2019). Case studies and theory development: The method of structured, focused comparison Alexander L. George: A pioneer in political and social sciences (pp. 191-214): Springer.

Iswatun. H. (2018). Efektivitas Koneling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Siswa Smp Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Jurnal konseling indonesia.Vol. 3 No. 2. Hlm 42-47.

Jones, R. N. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi (Eds 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novita, dkk. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal pendidikan indonesia. Vol. 2. No. 2. Hlm 19-24.

Noviandari, H & Kawakib, J. (2016). Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal psikologi: Jurnal ilmiah fakultas psikologi universitas yudharta pasuruan. 3 (2),76-86.

Sugiharto, D. Y. P. (2012). Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal bimbingan dan konseling, 1 (2).

Sanyata, S. (2010). Teknik Dan Strategi Konseling Kelompok. Jurnal paradigma. No. 5.

Sulistiya, E., Sugiharto, D. Y. P., & Mulawarman, M. (2017). Dampak Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Therapy (Cbt) Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Body Image. Jurnal bimbingan dan konseling, 6 (2), 135-140.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D): Alfabeta.

Windaniati, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Restructuring Pada Kelas X Tkr 1 Smk Negeri 7 Semarang Tahun 2012/2013. Jurnal penelitian pendidikan. 32 (1).

Downloads

Published

2021-01-28

How to Cite

Manuardi, A. R., & Mustopa, S. . (2021). IMPLEMENTASI RESTRUKTURISASI KOGNITIF MODEL COPING THOUGHT DALAM SETTING KONSELING KELOMPOK. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.22460/q.v5i1p1-8.2169