Pemanfaatan Aplikasi Screen Recorder dan YouTube dalam Perkuliahan Daring

Authors

  • Farikha Wahyu Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Latif Anshori Kurniawan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v5i1p30-35.2173

Keywords:

Kata Kunci, Screen Recorder, Youtube, Daring

Abstract

Pandemi Covid menuntut para pendidik untuk lebih kreatif dalam mengemas materi. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan perkuliahan daring di awal masa pandemi dosen lebih sering mengadakan perkuliahan melalui Whatsapp Group, Google meet, maupun zoom. Akan tetapi mahasiswa kurang bisa memahami materi dengan maksimal karena terkendala sinyal, virtual meeting yang dilaksanakan selama berjam-jam juga memberikan dampak kelelahan fisik. Oleh karena itu peneliti mencoba menyajikan materi perkuliahan dalam kemasan yang berbeda dengan memanfaatkan aplikasi perekam layar dan youtube pada mata kuliah aplikasi pemahaman Individu Non Tes dan Statistika. Metoe logi dalam penelitian ini adalah naratif, dimana peneliti menceritakan mengenai pengalamannya selama memanfaatkan aplikasi perekam layar (screen recorder) dan Youtube dalam proses perkuliahan selama satu semester. Pemanfaatan aplikasi perekam layar dan Youtube memberikan dampak yang baik pada proses perkuliahan. Mahasiswa lebih mudah dan leluasa dalam mengakses materi. Kelemahan dari pengunaan aplikasi Screen Recorder dari Screencast-O-Matic (SR-SOM) versi gratis ini adalah fiturnya yang terbatas sehingga kita tidak bisa menambahkan animasi-animasi lain. Dosen maupun guru perlu menemukan dan mengkreasikan metode pembelajaran yang lain untuk membuat proses belajar tetap bermakna dan menyenangkan.  

References

Creswell, W. J. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (fourth edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dam Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 5; No. 1; Tahun 2019 Halaman 135-159

Nurfitri, K. (2019). Peningkatan Kompetensi Web Design Peserta Didik Menggunakan Metode “Rekam Layar†Di LKP Elite English School. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) Volume 3 Nomor 2 September 2019, pp. 401-410

Suhery, T.J.P, dkk. 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1 (3)

Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1, Desember 2006: 10-23

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, Volume 4 Nomor 1

Downloads

Published

2021-01-28

How to Cite

Lestari, F. W., & Kurniawan, L. A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Screen Recorder dan YouTube dalam Perkuliahan Daring. Quanta Journal, 5(1), 30–35. https://doi.org/10.22460/q.v5i1p30-35.2173