KELAYAKAN E-COMICS PORTABLE BAHASA INDONESIA KELAS VIII BERDASARKAN ANALISIS VALIDASI AHLI

Titin Nurhayatin
Marlia Marlia
Desti Fatin Fauziyyah

Abstract


Penelitian ini memaparkan kelayakan media pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII berupa e-comics portable yang dapat diakses melalui gawai (aplikasi webtoon). E-comics portable ini divalidasi oleh ahli materi Bahasa Indonesia,  ahli multimedia (aplikasi/software), dan respons peserta didik. Berdasarkan validasi dari ketiga pihak tersebut, dapat dinyatakan bahwa e-comics portable Bahasa Indonesia untuk kelas VIII layak digunakan. Dengan demikian, peserta didik diharapkan lebih tertarik dan termotivasi untuk membaca sehingga materi yang dipelajari mudah dipahami.


Keywords


bahan ajar, bahasa Indonesia, e-comics portable, validasi, kelayakan

References


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Riau: Jurnal Pemikiran Islam.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rohani, A. (1997). Media Instruksioanl Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. dan Rivai, A. (2015). Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru.




DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v7i2.p114-124

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.