CERITA RAKYAT DI KABUPATEN KUNINGAN SEBAGAI RUJUKAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA; KAJIAN FOKLOR

Authors

  • Asep Jejen Jaelani Kuningan University
  • Gilang Kripsiyadi Praramdana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v8i1.p50-56

Keywords:

Cerita Rakyat, Moralitas, Bahan Ajar

Abstract

Dari hasil analisis sample data, baik bersumber pustaka maupun responden tokoh ditemukan 19 (Sembilan belas) kumpulan cerita rakyat. Genre yang ada dari ke-sembilanbelas kumpulan cerita rakyat tersebut meliputi: 1) enam genre sasakala (legenda), 2) empat genre dongéng sasatoan (fabel), 3) dua bergenre mite (cerita mitos), 4) tiga genre kehidupan  manusia (farabel), dan 5) empat bergenre babad (cerita asal muasal kejadian tempat). Dari 19 (sembilan belas) data cerita rakyat, 7 (tujuh) diantaranya cerita rakyat has yang tersebar turun temurun di masyarakat Sunda Kabupaten Kuningan, sedangkan 12 kumpulan cerita rakyat  lainnya merupakan cerita rakyat masyarakat Sunda Jawa Barat dan Banten yang tersebar di masyarakat Kuningan. Dari penjabaran nilai moralitas yang ditemukan yaitu: (1) moral manusia kepada tuhan (MMT), yang berjumlah 3 (tiga) cerita rakyat (15%), berjudul “Nyi Anteh, Tukang Kai, jeung Syekh Abdul Qodir Jaélaniâ€; (2) moral manusia terhadap dirinya (MMD), berjumlah  2 cerita ( 10,5 %), berjudul “Ciung Wanara dan  Sangkuriangâ€; (3) moral manusia terhadap manusia (MMM), berjumlah  11 cerita rakyat ( 57,8 %), berjudul “Embah Dako, Syeh Abdul Qodir Jaélani, Sasakala Cigugur, Sasakala Batu Ceurik, Hawangan Surakatiga, Sakdang Kuya jeung Monyet Ngalanangka, Oray cai Teu Peurahan, Sireum jeung Gajah, Nyi antéh, Ciung Wanara, dan Maung Panjaluâ€; dan (4) Moral manusia terhadap alam (MMA), berjumlah 5 (lima) kumpulan cerita rakyat (26%), berjudul “Hayam Pelung, Sasakala Cigugur, Hawangan Surakatiga, Sasakala Jalaksana, Sakadang Kuja Jeung Maung Silih Duruk â€. sedangkan (5) Moral manusia terhadap waktu (MMW) ada 3 (tiga) cerit rakyatr (15%), berjudul “Sangkuriang, Si Kabayan di Cukur, dan Sakadang Kuya jeung Maung silih Durukâ€Â Â 

References

Abdullah, T.(1996). Pengajaran Sejarah yang reflektif dan Inspiratif. Jurnal Sejarah Vol.6 Tahun Februari 1996.

Alwasilah, Chaedar spk. 2009. Etnopedagogi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Anas, Zulfikri. 2011.Membangun Karakter dan Go Internasional Melalui Pembelajaran yang Berbasis Kearifan. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.

Danadibrata, R.A. 2006. Kamus Basa Sunda.Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Danandjaja, James.2002. Folklor Indonesia:Ilmu Gosip, Dongéng, dan lain-lain. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Hasan, Hamid Said spk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengémbangan Pusat Kurikulum.

Hidayat, Rahmat Taufik,spk.2005.Peperenian Urang Sunda.Bandung:Kiblat

Iskandarwassid, Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Sekolah PascaSarjana dan PT. Remaja Rosdakarya.

Iskandarwassid, spk. 2009. Model-model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Bandung: JPBD FPBS UPI BANDUNG.

Kartadinata, Sunaryo. 2010. Etnopedagogik: Sebuah Resureksi Ilmu Pendidikan (Pedagogik).Bandung: Pascasarjana UPI Bandung.

Kartadinata, Sunaryo. 2011.Membangun Atikan Sunda Melalui Penerapan Unsur Budaya: Sebuah Kerangka Berpikir. Bandung: UPI Bandung.

Koentjaraningrat.1969. Arti Antropologi Untuk Indonesia Masa Kini. Djakarta: Lembaga Ilmu Pengétahuan Indonesia.

Koswara, Dedi. 2010.Sastra Sunda Buhun. Bandung: CV Wahana Grafika.

Kurnia, Ganjar. 2011. Masarakat Sunda jeung Alamna. Bandung: Cahara Bumi Siliwangi No. 8.

Lembaga Basa jeung Sastra Sunda. 2007. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung: Geger Sunten.

Mahmudi.(2013).Nilai Budaya dalam Dongéng bakumpai.Jurnal, Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, III (1),hlm.

Downloads

Additional Files

Published

2019-02-28