Musikalisasi Puisi Berbasislesson Study Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif

Authors

  • R. Mekar Ismayani STKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v5i2.p1-14

Abstract

Sebagai upaya menghasilkan peserta didik yang kreatif, seorang guru/dosen harus mampu memilah dan memilih model pembelajaran yang kreatif daninovatif. Makalah ini mengkaji sebuah pembelajaran apresiasi sastra yang mengarah pada kreativitas peserta didik dan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang memiliki ciri-ciri diantaranya berbasis student center dan berpendekatan konstruktivisme. Melalui pembelajaran musikalisasi puisi peserta didik memperoleh pengalaman berekspresi sastra secara lisan dan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Lesson study merupakan cara untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, melalui lesson study seluruh aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dapat terpantau. Pembelajaran musikalisasi puisi berbasis lesson study dapat dijadikan alternatif model pembelajaran inovatif. Oleh karena itu, makalah inijuga akan memaparkan langkah-langkah pembelajaran musikalisasi puisi berbasis lesson study yang dapat dijadikan  sebagai petunjuk bagi guru/dosen dalam mengimplementasikan model pembelajan inovatif ini.

Downloads

Published

2017-04-23