PENGEMBANGAN MEDIA POP CULTURE UP RUMAH ADAT JAWA UNTUK PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Authors

  • Dewi Woro Ambarsari Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Hartono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v6i2.p1-10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi karakteristik kebutuhan media pop culture up rumah adat Jawa untuk pembelajaran menyusun teks deskripsi pada peserta didik SMP kelas VII, mengembangkan media, dan mendeskripsikan penilaian ahli terhadap media pop culture up rumah adat Jawa untuk pembelajaran menyusun teks deskripsi pada peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dosen ahli. Teknik pengumpulan data kebutuhan penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah didapatkannya karakteristik kebutuhan media pop culture up rumah adat Jawa untuk pembelajaran menyusun teks deskripsi: (1) aspek penyajian isi/materi adalah penyajian gambar pop up beserta keterangan bagian-bagianya dan cara menyusun teks deskripsi; (2) aspek bahasa dan keterbacaan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik; (3) aspek tampilan 2D, perpaduan warna, serta jenis huruf disesuaikan. Penilaian terhadap media pop culture up rumah adat Jawa: (1) aspek grafika mendapat nilai 79,1 dengan kategori baik, (2) aspek penyajian isi/materi mendapat nilai 75,2 dengan kategori baik, dan  (3) aspek bahasa dan keterbacaan mendapat nilai 81,6 dengan kategori sangat baik.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2013. Kompetensi Dasar: Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014a. Buku Guru Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014b. Buku Siswa Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Haryadi. 2014. “Pengembangan Buku Ajar Membaca yang Bermuatan Kreativitas Berpikir dan Nilai-nilai Karakter bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaâ€. Disertasi. Universitas Negeri Semarang.

Hawarya, Yulisna, dan Agus Wasisto Dwi Doso Warso. 2014. “Pengembangan Pop-up Module Pembelajaran Biologi pada Materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan untuk Siswa SMA Kelas Xâ€. JUPEMASI- PBIO. Tahun 2014. Volume 1. Nomor 1. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, diunduh pada Kamis, tanggal 28 Mei 2015 pukul 03.05 WIB.

Khoirotun, Anisah, Achmad Yanu Alif Fianto, dan Abdullah Khoir Riqqoh. 2014. “Perancangan Buku Pop-Up Museum Sangiran sebagai Media Pembelajaran tentang Peninggalan Sejarahâ€. Jurnal Desain Komunikasi Visual. Tahun 2014. Volume 2. Nomor 1. Surabaya: STMIK STIKOM, diunduh pada Sabtu, tanggal 7 Februari 2015 pukul 22.55 WIB.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Noviyanti, Linda, Kukuh Santoso, dan Noor Aini Habibah. 2013. “Keefektifan Penggunaan Kartu Bergambar Berbentuk Pop Up Card pada Pembelajaran Siswa SMPâ€. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. Tahun 2013. Nomor 2. Hlm. 76-83. Semarang: Universitas Negeri Semarang, diunduh pada Kamis, tanggal 28 Mei 2015 pukul 03.11 WIB.

Downloads

Published

2017-10-21