PELAKSANAAN PROGRAM BILINGUAL (INDONESIA-INGGRIS) UNTUK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PIONNER MONTESSORI SCHOOL

yuni yulastri
Rismareni Pransiska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan Program Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk anak di Taman Kanak-kanak Pionner Montessori School Padang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang peneliti lakukan ialah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik untuk pengabsahan data yang peneliti gunakan ialah uji kredibilitas data yang dilakukan dengan teknik triangulasi. Dapat peneliti kemukakan hasil penelitian ini secara umum diketahui bahwa Pelaksanaan Program Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk anak di Taman Kanak-kanak Pionner Montessori School Padang telah dilakukan dengan baik dan telah disesuaikan dengan langkah pembelajaran yang sistematis dan berkesinambungan terlihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pengenalan Bahasa Inggris, Bilingual.

Full Text:

PDF

References


Dahlia, S, H dan Nurul, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Menggunakan Metode Total Physical Response Pada Kelompok B di TKIT Baitul Iman Semarang didownload pada file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/Documents/585-133-2427-1-10-20180311.pdf

Eliza, D. (2013). Penerapan model pembelajaran kontekstual learning (CTL) berbasis centra di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan volume XIII No.2 November 2013 hal 93

Gusnita, dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Menganl Huruf Anak Usia Dini Melallui Alphabet Book Di Taman Kanak-Kanak. Joernal Of Family, Adult, And Early Childhood Education volume 1 nomor 1 Februari 2019 hal 87

Harisma,R.dkk. (2018). Pengajaran Anak Usia Dini Melalui Buku Flanel Terintegrasi Dalam Bahasa Inggris didownload pada https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasatra/article/viewFile/2731/1756

Jazuly, A.(2014). Pendidikan bahasa inggris pada anak usia dini. didownload pada file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/ Documents/umj-1xahmadjazul1903-1-4.ahmad-y.pdf

Latif, M, dkk. (2014). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana

Moleong, L, J. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung. Remadja Rosdakarya

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya

Muryanti, E.(2011). Analisa Kesalahan Mahasiswa PGPAUD dalam Bahasa Inggris dalam file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/ Documents/4236-13091-1-SM.pdfkegiatan Peer teaching. Pedagogi. Vol XI No 2. November 2011.

Pransiska, R (2017). Benefits of Bilingualism in Early Childhood: A Booster of Teaching

English to Young Learners. (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).

Rasyid, H dan Faqihatuddiniyah.( 2017). Persepsi orang tua dan guru mengenai Bahasa Inggris pada anak usia dini di tk aba karangmalang Yogyakarta. Didownload pada file:///C:/Users/Paytive/Downloads/ Documents/Print/Persepsi_Orang_Tua_dan_Guru_Mengenai_Bahasa_Inggri.pdf

Rusnalasari, Z, D. dkk. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Didownload pada http://infestasi.trunojoyo.ac.id/ pgpaudtrunojoyo/article/download/3575/2634

Sanjaya, W. (2012). Perencanan dan desain system pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sophya, I, V. (2013). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: PT Kencana Group

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tyaningsih, A, R. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama. file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/Documents/57-105-1-SM.pdf




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p15-22.1269

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.