ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI BERBASIS KARAKTER DI TK ARASY KABUPATEN SUMEDANG

Erna Roostin
Muthiara Swandhina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran pembelajaran sains yang membangun karakter anak, (2) mengetahui karakter yang muncul pada saat pembelajaran sains, dan (3) mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi karakter anak. Penelitian ini dilaksanakan di TK ARASY Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hal ini untuk  mengamati pembelajaran sains pada anak usia dini yang berbasis karakter. Pengumpulan data pada penelitian studi kasus hanya berlaku untuk kasus tersebut saja, untuk itu digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi, yang semuanya difokuskan ke arah mendapatkan kesatuan data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh : (1) Perencanaan pembelajaran  yang  dibuat bersama untuk menjadi acuan dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat dicapai dengan baik melalui penggunaan  metode, model dan media pembelajaran. (2) Karakter anak yang  muncul ketika guru memberikan stimulus dalam pembelajaran sains, yaitu karakter kerja keras, jujur, disiplin, tanggung jawab, mandiri, rasa ingin tahu yang tinggi dan menghargai prestasi. (3) Faktor internal yang berpengaruh terhadap karakter anak adalah sikap dan pembawaan dari dalam diri anak itu sendiri dan faktor dari luar atau eksternal adalah lingkungan sekolah dan rumah.  

Kata Kunci: pembelajaran sains, anak usia dini, karakter anak


Full Text:

PDF

References


Febrianshari, D, dkk. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. prints.umm.ac.id/45183/20/Febrianshari%20Kusuma%20Jayanti%20Ekowati%20Prasetya%20Widiyanti%20Suwandayani%20-%20Nilai%20Karakter%20Pendidikan.pdf.

Nafiqoh, H. (2019). Pembelajaran Sains Sederhana dalam Rangka Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Tunas Siliwangi. Tersedia di http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1227/701 [1 Agustus 2019].

Nugraha, Ali.(2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung : JILSI Foundation.

Undang-Undang (UU) No. 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Asoka Dikta




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p45-51.1360

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.