METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KOGNITIF DI TK TRIDAYA CIMAHI

Authors

  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Heni Nafiqoh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1478

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang : dengan judul “Metode Pembelajaran Bermain Kartu Kata Dalam Meningkatkan kecerdasan kognitif di TK TRIDAYA CIMAHI “.Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Untuk mengetahui data tentang pelaksanaan penggunaan media kartu kata melalui anak TK untuk meningkatkan pengembangan kecerdasan kognitif (2) Hasil penggunaan media kartu kata dan pengaruhnya terhadap anak TK (3) Pendorong dan penghambat  penggunaan media kartu kata dalam upaya peningkatan  pengembangan kecerdasan kognitif bagi anak di Taman Kanak-Kanak. Metode Penelitian yang di gunakan Penelitian kualitatif dengan pertimbangan bahwa subjek riset adalah Siswa Taman Kanak-Kanak Tridaya pengumpulan data yang hanya bisa didekati dengan pendekatan pengamatan dan tidak bisa menggunakan instrument baku yang disusun sebelumnya sehingga peneliti berpindah sebagai instrument.Teknik yang digunakan melalui penggunaan observasi dan wawancara dikarenakan banyak orang yang lebih suka berbicara daripada menulis untuk memberikan respon terhadap pernyataan tertentu, apalagi anak-anak (Best, J.W., Khan, J.V. 2003:323). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Berdasarkan hasil observasi metode pembelajaran yang digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi anak yaitu menggunakan media kartu gambar sebagai upaya peningkatan kecerdasan kognitif dan pelaksanaannya sangat diminati anak. 2) Berdasarkan hasil observasi dengan menggunakan media kartu gambar pada upaya peningkatan kecerdasan kognitif sangat besar pengaruhnya terhadap anak, dengan media kartu gambar berpengaruh positif anak lebih termotivasi dalam pembelajaran konsep huruf. 3) Berdasarkan Observasi ditemukan kesulitan pada faktor pendorong dan pendukung dalam penggunaan media kartu gambar adalah sarana dan prasarana serta seperti penataan ruangan yang kurang menarik serta cara tutor dalam memimpin kegiatan sehingga anak kurang berminat dalam pembelajaran. Dari  penjelasan di atas, dapat  disimpulkan bahwa upaya  kecerdasan kognitif melalui media kartu kata. Anak dapat meniru apa yang telah ditunjukkan dan dilakukan oleh tutor. Agar anak dapat meniru semua kegiatan yang dilakukan oleh tutor, tutor harus mengatur media kartu kata dalam menjelaskan kegiatannya. Media kartu kata sangat berpengaruh pada konsentrasi anak. Media kartu kata membuat anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran, anak akan menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran.

References

Adiningsih.(2001).MengajarkanAnakMembaca,MenulisBandung:

GemaInsaniPress.

Arikunto, S. (2002).ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta: PT RienekaCipta. Aqib, Z. (2006).

Andriani. (2005). MetodePengembanganBahasa.PusatpenerbitanUniversitas Terbuka

Akhdinirwanto. (2003). StrategiPembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dardjowijojo.(2003). Model PembelajaranBahasaBerdasarkanPendekatanBahasaMenyeluruh.Tesis. Bandung: PPS-UPI.

Doman.(2005). MetodePengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: RinekaCipta.

Megawangi, R. (2007). CharacterParenting Space. Bandung:ReadPublisingHouse.

Hamalik, (2005), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka

Syaodih.(2008), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Solebudin, M. (2000).KonsepDasarPendidikanPrasekolah. Bandung: FIP UPI.

Sudjana, D., (2002), StrategiPembelajaranDalamPendidikanLuarSekolah, Bandung, Nusantara Press.

Sudjana, D., (2005), Metodedanteknik

PembelajaranPartisipatifDalamPendidikanLuarSekolah, Bandung, Nusantara Press.

Sudjana, D., (2005), PendidikanLuarSekolah :Wawasan, SejarahPerkembangan, falsafahdanteoripendukungAzaz, Bandung, Nusantara, Press.

Sudjana, D., (2002) PengantarManajemenPendidikanLuarSekolah, Bandung, Nusantara Press.

Sudjana, N., dan R. Ibrahim, (2002), Penelitiandanpenilaian Pendidikan, Bandung, SinarBaru.

Suyanto.(2006). PemberantasanButaHurufdariPintukePintu. [Online].

Tersedia:http://www.tempointeraktif.com/hg/jakarta/2006/09/11/brk,200609

-83806,id.btml[8April 2012]

Sugiarto. (2002). PenganlarPenelitianIlmiah Dasar, MetodedanTeknikBandung: Transito.

Wiriatmojo.. (2003). Bahan perkuliahan Metode Penelitian. Bandung: PPS UPI. tidakditerbitkan.

UU RI (2003).TentangSistemPendidikanNasional.Bandung: Citra Umbara.

Yusuf, S. (2000). PsikologiPerkembanganAnakdanRemaja. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Downloads

Additional Files

Published

2019-11-23

Most read articles by the same author(s)