PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI RAUDHATUL ATHFAL

Latifah Permatasari Fajrin

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kepedulian tehadap lingkungan hidup yang mulai memudar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pendidikan lingkungan hidup di Raudhatul Athfal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Al Uswah, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. dari bulan Februari sampai Mei 2019. Subyek penelitian ini adalah guru di Raudhatul Athfal Al Uswah. Informan penelitian ini yakni: Kepala RA dan siswa RA Al Uswah. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Pendidikan lingkungan hidup dilaksanakan secara terprogram. Pelaksanaannya menggunakan metode bercerita juga didukung dengan pembiasaan, keteladanan pendidik, reward, dan hukuman untuk anak. Perencanaan, proses dan penilaian menggunakan kurikulum 2013. Pendidik terlebih dahulu menyusun RPPH dan membuat persiapan berupa alat peraga yang bervariasi setiap harinya. Ketika tidak ada alat peraga yang sesuai dengan cerita, guru menggambar di papan tulis. Ketika proses pembelajaran berlangsung pendidik menumbuhkan suasana dan pengkondisian kelas. Penilaian masih menggunakan penilaian yang sederhana.
Kata Kunci: Pendidikan Lingkungan Hidup, Raudhatul Athfal

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dian Andiyani. (2011). Pendidikan karakter Prespektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abuddin Nata. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Al-Qur’an dan Terjemahan.(1990). Jakarta: Depag RI.

Dwi Yulianti, Rida N S, S.S. Dewanti H, Diana. (2014). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bermuatan Sains Berwawasan Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 31 Nomor 1. Hal 11-18.

Emil Salim. (1983). Lingkungan Hidup Dan Pembangunan. Jakarta: Mutiara.

Heryanto. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Lingkungan Alam. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak. Hal 92-108.

Jamal Ma’mur Asmani. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Lexy J Moleong.(2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Muhammad Alim. (2011). Pendidikan Agama Islam, Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subar Junanto dan Khuriyah. (2015). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Islam. Prosiding Halaqah Nasional dan Seminar Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.Hal 121-135.

Suprapti, Imam Makruf, Novianni Anggraini, Subar Junanto, Nur Aisyiyah. (2013). Model-Model Pembelajaran Komunikatif dan Inovatif. Surakarta : Fataba Press.

Suwartono. (2014). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. (1994). Tafsir ibnu Katsir. Terjemahan oleh M. Abdul Ghoffar, Abu Ihsan al-Atsari. 2012. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (online), (http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf, diakses tanggal 4 Desember 2018).

Yusuf Muri. (2014). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Prenademedia Group.




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p71-77.2080

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.