Analisis Manajemen Sarana Prasarana Efektif Meningkatkan Kreativitas Anak

Authors

  • Hamzia Marie

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v7i1p%25p.2412

Abstract

Manajemen pendidikan mempunyai berbagai ruang lingkup yang harus pendidik pahami, salah satunya adalah manajemen sarana-prasarana, manajemen sarana-prasarana merupakan kemampuan untuk mengelola serta mengarahkan sarana-prasarana yang akan diadakan dalam suatu lembaga pendidikan. Sarana-prasarana yang diadakan pada kegiatan pembelajaran anak usia dini mempunyai pengaruh yang begitu penting terhadap perkembangan kreativitas anak. Proses mental yang melahirkan suatu gagasan maupun sesuatu yang baru ataupun mengkombinasikan ke dua hal tersebut yang dilakukan oleh individu disebut kreativitas yang mana proses tersebut melekat pada individu itu sendiri. Pengadaan sarana-prasarana sangat berpengaruh terhadap penstimulasian terhadap perkembangan kreativitas anak. pada riset ini, peneliti menganalisis sarana-prasarana yang diadakan dalam kegiatan pembelajaran anak. dalam riset ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengat pendekatan telaah pustaka. Hasil dari riset ini, dalam melakukan pengadaan sarana-prasarana perencanaan yang cermat merupakan hal yang utama, dan harus diadministrasikan dengan tertib. Sarana-prasarana yang efektif meningkatkan kreatifitas anak salah satunya adalah APE (alat permainan edukatif), APE memiliki dua kategori yakni APET (alat permainan edukatif tradisional) dan APEM (alat permainan edukatif modern).Kata kunci: manajemen, sarana-prasarana, efektifitas, kreativitas, anakEducational management has a lot of scope that educators must understand, one of them is infrastructure management, infrastructure management is the ability to regulate and direct infrastructure that will be held in an educationa institution. Infrastructure that is held in early childhood education very important role in the development of children’s creativity. Creativity is an individual mental process that gives birth to ideas, methods and something new that is different from what ever existed, more effective and efficient in various fields fer solving a problem. Procurement if infrastructure is very influential in stimulating the development of children’s creativity. In this research, the researcher wants to analyze the infrastructure that is held in the learning activities of children, which infrastructure can stimulate the development of children’s creativity. The approach used in this research is qualitative with a literature review approach. As a result this research, the procurement of infrastructure must go through a careful planning process, and must be administered in an orderly manner. APE (educational play equipment) is one of the infrastructure that is effective in increasing children’s creativity, there are two types of APE, namely APET (tradisional educational play equipment) and APEM (modern educational play equipment).Keywords: management, infrastructure, effectiveness, creativity, children.

References

Erni Munastiwi. (2018). Manajemen ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD). Manageria: jurnal manajemen pendidikan islam, volume 3 (3).

Hasmalena, mahyumi rantina. (2017). Implementasi cerita rakyat melalui mata kuliah pendidikan seni tari usia dini untuk meningkatkan kreativitas pada mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, volume 1 (2).

Hendry Eka AR. (2017). Book three International Conference Proceeding: kajian kritis Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Hurlock elizabeth B. (1993). perkembangan anak. Jakarta: erlangga, jilid 2, vol. 2.

Kasali Rhenald. (2019). Sentra. Bandung:mizan.

Khasan Ubaidillah. (2018). Pembelajaran sentra BAC (bahan alam cair) untuk mengembangkan kreatifitas anak; studi kasus RA Ar-rasyid. Al-Athfal jurnal pendidikan anak, volume 4 (2).

Khoiruddin. (2017). Pengenalan bahasa arab melalui nyanyian pada anak usia prasekolah di PAUD terpadu ihyaul ulum puncu Kediri jatim. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, volume 1 (1).

Leli Fertiliana dea, eva latipah. (2017). Pengembangan kemampuan kognitif dak social-emosional melalui penerapan media balok dan bermain peran pada siswa TK kuntum mekar Lampung. Al-Athfal: jurnal pendidikan anak, volume 3 (2).

Marie Hamzia. (2020). pengertian kreativitas, keberbakatan, dan kecerdasan, dalam buku pengembangan kreativitas dan permainan edukatif Anak Usia Dini karya Abda billah faza M.B dkk. Brebes: CV Indonesia muda.

Mesiono. (2017). manajemen pendidikan Raudhatul Athfal pengantar teori dan praktek. Depok: pranamedia group.

Mutiah Diana. psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: kencana pranada media grup.

Muyassaroh Novi fatkhiyatul. (2020). jenis-jenis permainan anak usia dini, dalam buku pengembangan kreativitas dan permainan edukatif Anak Usia Dini karya Abda billah faza M.B dkk. Brebes: CV Indonesia muda.

Onanda Rusdi, Oda Kinata Banurea. (2017). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Medan: CV widya puspita.

Permendikbud. (2009). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 58, Bagian V.

Rachmawati yeni. (2010). strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: kencana prenada media grup.

Ratna Pangastuti, Qumillaila. (2017). Pengaruh metode karyawisata terhadap kreatifitas menggambar anak di taman kanak-kanak bani toifur kabupaten nganjuk. Al-Athfal: jurnal pendidikan anak, volume 3 (2).

Renti Oktaria. (2014). Evaluasi program implementasi pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT). JPUD:jurnal pendidikan usia dini, volume 8 (2).

Ria Astuti, thorik aziz. (2019). Integrasi pengembangan kreatifitas anak usia dini di TK kanisius sorowajan Yogyakarta. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, volume 3 (2).

Rukmana Ika siti. (2020). permainan bebas Anak Usia Dini, dalam buku pengembangan kreativitas dan permainan edukatif Anak Usia Dini karya Abda billah faza M.B dkk. Brebes: CV Indonesia muda.

Sartika Taber M, Erni Munastiwi. (2019). Peran guru dalam mengembangkan kreatifitas Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muth’in Yogyakarta. Golden Age: jurnal ilmiah umbuh kembang anak usia dini, volume 4 (2).

Siti Sofiah , Rudiyanto, Rita Mariyana. (2017). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Edukids: Junal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, volume 14 (11).

Sri Watini. (2020). Implementasi model pembelajaran sentra pada TK Labschool STAI Bani saleh Bekasi. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, volume 4 (1).

Sri Yuniati, prima suci rohmadheny. (2020). Bermain peran: sebuah metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, volume 5 (1).

Published

2021-06-21