URGENSI AKUNTABILITAS PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Revita Yanuarsari
Nani Sintiawati

Abstract


Pemahaman yang benar tentang hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini hendaknya dimiliki oleh setiap orang yang secara langsung maupun tidak langsung akan berhubungan dengan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar, para pihak akan dapat memberikan layanan yang seoptimal mungkin bagi anak usia dini. Rumusan masalahnya yaitu: (1) apakah tujuan pendidikan bagi anak usia dini; (2) apakah jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini?; (3) bagaimana supervisi pendidikan pada lembaga PAUD?; (4) bagaimana pemahaman mahasiswa mengenai materi akuntabilitas pengelolaan pendidikan anak usia dini?. Kajian teori diantaranya mencakup konsep Akuntabilitas Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif melalui pendekatan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini yaitu mahasiswa mampu memahami teori konsep dan aplikasi akuntabilitas lembaga pendidikan anak usia dini.

Kata kunci : Akuntabilitas Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Em Z, Fajri & Senja, R.A. (2008). Pemahaman merupakan proses perbuatan.

https://www.kompasiana.com/ekanurefitasari/54f70390a333117d248b45b2/pendirian-lembaga-paud. (online) [ 05 Oktober 2020].

Efitasari. (2014). Manajemen PAUD. Yogyakarta : Press.

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal Srudi Manajemen Pendidikan Vol. 2 No. 1 Tahun 2018. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/397. [diunduh 4 April 2021].

Suyadi. (2014). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v7i1p24-31.2610

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.