http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/issue/feedTunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung2023-10-17T02:45:15+00:00Ghina Wulansucighinawulansuci@ikipsiliwangi.ac.idOpen Journal Systems<p>Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely:</p><ul><li>Teacher of Early Childhood Education Programs.</li><li>Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs.</li><li>Educational decisions maker on regional and national level.</li></ul>We recommend classroom action research, qualitative, descriptive, or quantitative. We may process manuscript of didactic development research (DDR) or research and development (RnD). Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, and even effectiveness of lesson study. We accepted any manuscript derived from research of Primary education. We will not process manuscript from research approach of school management.http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/3490HUBUNGAN KELEKATAN AMAN ANAK PADA ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN2023-04-01T02:44:57+00:00Yaniar Yumna Anggraeniyaniaryumna@gmail.comAsih Budi Kurniawatiasihbudi.kurniawati@fkip.unila.ac.idSusanthi Pradinisusanthi.pradini7201@fkip.unila.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan aman anak pada orang tua dengan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A dan B di TK Islam Al-Azhar 40 Cilegon dengan jumlah 75 anak. Sampel penelitian diambil menggunakan <em>purposive sampling </em>dengan jumlah 30 anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi <em>spearman rank</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan positif antara kelekatan aman anak pada orang tua dengan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Hal ini terbukti dari 0, 818 > 0,361 dengan signifikansi 0,05 Ha diterima yang berarti terdapat hubungan yang signifikan positif antara kelekatan aman anak pada orang tua dengan kemandirian anak.</p>2023-10-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Asih Budi Kurniawatihttp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/3724MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PASCA BENCANA GEMPA BUMI2023-06-14T12:44:25+00:00Heni Nafiqohheni.nafiqoh@yahoo.co.idFanny Khotimahfannykhotimah604@gmail.comMila Mardianti Fadlahmilabaniasyari@gmail.comFitrotunnisa Nadhmi Kamilfitrotunnisanadhmikamil@gmail.comHusniyah Arofah FadilahHsnyharofahfadilah@gmail.comIsma Aisyah Fauziahaisyahfauziahisma@gmail.comLisnawatilisnawati5675@gmail.comLutfi Nurul Nisalutfinurulnisa2001@gmail.com<p>Permasalahan yang muncul di salah satu taman kanak-kanak di Cianjur adalah terdapat beberapa anak yang motivasi belajarnya sangat kurang dikarenakan dampak dari bencana alam yaitu gempa bumi. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan motivasi dengan metode pemebalajaran eksperimen pasca gempa bumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara kepada anak kelompok A, dua pendidik, kepala sekolah serta orang tua sebagai subjek penelitian. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan analisis data kualitataif. Hasil penilaian menunjukan bahwa dengan metode pembelajaran eksperimen sederhana pada semester satu tahun 2022/2023 guru membimbing dan mengajarkan kegiatan eksperimen sederhana sesuai dengan tema, hasil tingkat pencapaian motivasi belajar anak melalui metode eksperimen dinyatakan bahwa dari sepuluh anak yang diteliti delapan anak berkembang sangat baik (BSB) dari tiga indikator yang diteliti sedangkan dua anak dalam indikator terakhir menunjukkan berkembang sesuai harapan (BSH).</p>2023-10-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Heni Nafiqoh, Fanny Khotimahhttp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/3832PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI2023-06-06T03:55:51+00:00RR. Deni Widjayatrideniwidjayatri@upi.eduFelisia Gusti Pangestufelisiagp@upi.eduNandiya Purnamanandiyapurnama11@upi.eduSela Nurlaela25selanurlaela@upi.eduTafridatul Husnatafridatulhusna@upi.eduWulan Adityawulanaditya@upi.edu<p>Pada realitanya perkembangan teknologi di zaman sekarang membuat permainan tradisional jadi kurang dikenalkan kepada anak, anak lebih tertarik menggunakan permainan modern dibandingkan permainan tradisional. Padahal permainan tradisional memberikan manfaat dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Tujuan penelitian ini berusaha menjelaskan tentang permainan tradisional bakiak bagi anak usia dini, menganalisis dampak permainan tradisional bakiak bagi perkembangan kemampuan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SLR <em>(Systematic Literature Review)</em>. Pengumpulan data dilakukan dengan mereview artikel pada tahun 2016 – 2023. Analisis data dilakukan dengan cara melihat semua data dari berbagai sumber, mereduksi kemudian mengabstraksikan, mensintesiskan data, mengkaji data, menginterpretasikan data, dan menarik kesimpulan. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 artikel yang diakui secara nasional dari Google Scholar. Lalu mendapatkan kesimpulan bahwa permainan tradisional bakiak memberikan manfaat dalam mengembangkan kemampuan sosial anak, seperti melatih kekompakan, memunculkan rasa solidaritas, kerja sama, dan bertanggung jawab. Selain itu juga kemampuan sosial perlu dikembangkan sebab nantinya anak akan hidup bersosialisasi dengan masyarakat. Sehingga diharapkan pendidik maupun orang tua dapat melestarikan permainan tradisional bakiak dalam membantu perkembangan kemampuan sosial anak.</p>2023-10-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Felisia Gusti Pangestu, Nandiya Purnama, Sela Nurlaela, Tafridatul Husna, Wulan Aditya, RR. Deni Widjayatrihttp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/3940STIMULASI ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM BERPIKIR LOGIS MELALUI POWERPOINT INTERAKTIF DI TK LABSCHOOL UPI SERANG 2023-07-24T06:55:54+00:00Aisya Dinda Suciaisyadindas14@upi.eduDhea SalsabilaDhea0177@upi.eduRika Helmaliarikahelmalia@upi.eduRosita24rossitta@upi.eduSyifa FaujiahSyif.dhan1@gmail.comLizza Suzantilizzasuzanti@upi.edu<p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya aktifitas dan semangat anak pada proses pembelajaran terutama kemampuan berfikir logis dalam memikirkan sebab akibat suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis menggunakan melalui powerpoint interaktif. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan alur kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Labschool UPI Serang. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran melalui <em>Powerpoint</em> interaktif dapat menstimulasi kemampuan kognitif berpikir logis dalam mengklasifikasikan pakaian berdasarkan kelompok yang sejenis, fungsi dan warna. anak dengan adanya slide interaktif yang terdapat materi pembelajaran seputar fungsi, jenis dan macam-macam pakaian.</p> <p> </p>2023-10-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Syifa Faujiahhttp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/4002PENGARUH TUTUP BOTOL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN 2023-09-07T03:26:40+00:00Ayu Niati Sayuniati0101@gmail.comHendra Sofyanhendraassignment@gmail.comWinda Sherly Utamiwindasherlyutami@unja.ac.id<p>Penelitian ini mempunyai tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah media tutup botol berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada aspek mengenal simbol-simbol huruf, menuliskan huruf A-Z, dan untuk mengetahui apakah media tutup botol berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada aspek mengucapkan huruf A-Z di TK Islam Terpadu Al Muthamainnah Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah one group pre test post test design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis ini diperoleh nilai t hitung sebesar (14,442) > t tabel (2,086) t tabel didapatkan dari n-20 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 2,086. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, sehingga Hoditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh media tutup botol huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Islam Terpadu Al Muthmainnah Jambi.</p>2023-10-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 ayu_niati_s niati_s, Hendra Sofyan, Hendra Sofyan, Winda Sherly Utamihttp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/4162PERMAINAN TRADISIONAL: IMPLEMENTASI KARAKTER CINTA TANAH AIR DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI2023-09-19T06:53:21+00:00Mae Maemaealzafirdaus@gmail.comSantika Fauziyyahsanalif11@gmail.comYiyi Yulistianijbaya299@gmail.comNajwa Rizqya Pnajwap64@gmail.comRena Endah Nrenaendahnur1234@gmail.comGhina Wulansucighinawulansuci@ikipsiliwangi.ac.id<p>This study aims to examine and analyze the character of children's love for the motherland through the implementation of traditional games in PAUD institutions. This study uses descriptive research methods with a quantitative approach, data collection techniques in the form of observation and percentage descriptive data analysis. The subjects in this study were 8 children consisting of 4 boys and 4 girls, aged 5-6 years at KOBER Bina Insani. Based on the results of the study it can be concluded that the character of loving the motherland in children can be stimulated through the implementation of traditional games which are integrated into learning activities in PAUD institutions with indicators; (1) Able to know and preserve the culture of the region with a percentage of 79.1%; (2) Able to appreciate and respect the opinions of others with a percentage of 78%; (3) Accustomed to working together and deliberating in solving problems with a percentage of 77%. In addition to the character of love for the motherland, traditional games can also help children master emotional skills (feeling win, lose), social (interacting with others), moral (respecting others) and physical (there are elements of running, walking and jumping) which are important. for the growth and development of children, as well as to stimulate intelligence in children, both spiritual intelligence, the ability to understand oneself, interpersonal intelligence and also intelligence about the beauty of nature, and stimulate <u>children's mathematical abilities (child cognitive).</u></p>2023-10-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Mae Maehttp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/4184PENGEMBANGAN E-MODUL STUDI SOSIAL ANAK USIA DINI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN CREATIVE PROBLEM SOLVING2023-10-13T03:41:48+00:00Melia Eka Daryatimelia_eka@unib.ac.idDidik Suryadididiksuryadi@unib.ac.id<p>Keterbatasan imajinasi dalam mengatasi suatu masalah menjadi fokus permasalahan yang perlu diatasi. Penemuan ide baru dan proses mengatasi masalah yang kreatif sulit didapatkan bila enggan untuk mengubah pola pikir. Perlu adanya proses pendekatan <em>creative problem solving</em> disetiap memikirkan ide baru dan kreatif dalam mengatasi suatu masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menemukan solusi dalam meningkatkan <em>creative problem solving </em>khusus dalam mengembangkan e-modul. Tujuan penelitian pengembangan ini diantaranya :1) Mengembangakan e-modul studi sosial anak usia dini berbasis kurikulum merdeka dalam meningkatkan <em>creative problem solving </em>mahasiswa, dan 2) Mengetahui efektivitas e-modul studi sosial anak usia dini berbasis kurikulum merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pengembangan <em>Research and Development</em> (R&D) dengan prosedur <em>define, design, develop</em>, dan <em>disseminate</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner analisis kebutuhan, angket respon mahasiswa, dan lembar observasi <em>creative problem solving</em>. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji <em>paired sample t-test</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penelitian berhasil melakukan pengembangan e-modul studi sosial anak usia dini berbasis kurikulum merdeka dalam meningkatkan <em>creative problem solving </em>mahasiswa. 2) Pengembangan e-modul studi sosial anak usia dini berbasis kurikulum merdeka dalam meningkatkan <em>creative problem solving </em>mahasiswa terbukti tepat berdasarkan dari validasi <em>expert judgment</em> dan hasil uji, dan 3) Media e-modul studi sosial anak usia dini berbasis kurikulum merdeka dengan uji <em>paired sample t-test </em>signifikansi (0,000<0,005) efektif dalam meningkatkan <em>creative problem solving </em>mahasiswa.</p>2023-10-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Melia Eka Daryati, Didik Suryadi