STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN TINGKAT LANJUTAN MELALUI VOKASIONAL SKILL MENJAHIT DI PKBM ASH-SHODDIQ DESA PAGERWANGI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG

Purnomo Purnomo

Abstract


Masalah pokok berfokus pada bagaimana strategi pembelajaran keaksaraan tingkat lanjutan, melalui vokasional skill menjahit. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan keaksaraan tingkat lanjutan melalui vocational skills menjahit yang dilakukan oleh PKBM Ash-Shoddiq di Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang. 2) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pendidikan keaksaraan tingkat lanjutan yang dilakukan PKBM Ash-Shoddiq di Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang. 3) Untuk mendeskripsikan hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan proses pembelajaran pendidikan keaksaraan tingkat lanjutan melalui vocational skills menjahit oleh PKBM Ash-shoddiq di Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang.

 

Landasan teoritis yang mendasari penelitian ini adalah Peranan Pendidikan Nonformal dalam Pendidikan Nasional, Strategi Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan, dan Konsep Vokasional Skill.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga belajar keaksaraan pasca tingkat dasar yang berjumlah 8 orang, pengelola program berjumlah 1 orang, tutor berjumlah 1 orang, sehingga populasi berjumlah 10 orang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.

 

Penelitian strategi pembelajaran dimulai dari tahapan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi literatur, catatan lapangan dan format penilaian disertai dengan soal-soal evaluasi sumatif keaksaraan tingkat lanjutan melalui vokasional skill menjahit.

 

Berdasarkan data dan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi pembelajaran keaksaraan tingkat lanjutan (pasca tingkat dasar) melalui vokasional skill menjahit menjadi salah satu pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran keaksaraan. Permasalahan dalam belajar yang dirasakan oleh warga belajar, terutama berkaitan dengan psikologisnya seperti rasa jenuh, bosan dan susah mengingat dapat teratasi dengan menggunakan pendekatan vokasional skill menjahit. Selain itu warga belajar memiliki dua kemampuan, yakni kemampuan keaksaraan (membaca, menulis, berhitung) dan keterampilan dasar menjahit

Full Text:

PDF

References


Abdulhak,I., (2000), Metodologi Pembelajaran Orang Dewasa, Bandung : Andira.

Anwar, (2006), Pendidikan Kecakapan Hidup, Bandung : Alfabeta

Admuddipura, E dan Atmaja,SB. (1986). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : Karunika

Ali, M., (1995), Penelitian Kependidikan : Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa

Arikunto, S., (1998), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional (2006), Acuan Penyelenggaraan Program Pendidikan keaksaraan: Direktorat Pendidikan Luar Sekolah, Direktorat Pendidikan Masyarakat

Gerungan, (2000), Psikologi Sosial, Bandung:Refika Aditama

Herlina, (2006), Studi Tentang Proses Pembelajaran Program Keaksaraan Fungsional Di Kelurahan Margasari Kecamatan Margacinta Kota Bandung, Bandug : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayat, S., (2002), Metodologi Penelitian, Bandung : Mandar Maju.

Jalal, Fasli., (2005), Pendidikan Keaksaraan : Filosofi, Strategi, dan Implementasi, Jakarta:Dirjen PLS Direktorat Pendidikan Masyarakat

Kartaatmaja, R., ______, Diktat Perencanaan Program PLS, ________: Tanpa Penerbit

Kusnadi, (2005), Pendidikan Keaksaraan, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Dirjen PLS.

Mappa, S., (1994). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Shahab, K., (2007). Sosiologi Pedesaan, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group

Sirodjuddin, K., (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI.

Sudjana,D., (2004), Pendidikan Nonformal, Bandung : Falah Production.

Sudjana, D., (2005), Strategi Pembelajaran, Bandung : Falah Production

Sugiyono, (2007), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.

Suharto, E., (2005), Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat :

Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, Bandung : PT Refika Aditama

Surakhmad, W., (1990), Pengantar Penelitian Ilmiah : Dasar, Metoda, Teknik, Bandung : Tarsito




DOI: https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i1p%25p.363

Article Metrics

Abstract view : 530 times
PDF - 911 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.