MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PERMAINAN KARTU KATA DI TK AL-FAUZAN DESA CIHARASHAS KECAMATAN CILAKU KABUPATEN CIANJUR

Authors

  • Nining Hadini TK Al-FAUZAN CIANJUR

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.370

Abstract

Merujuk pada permasalahan yang ada  yaitu masih kurangnya kemampuan membaca anak usia dini di TK Al-Fauzan peneliti mencoba mencari solusi atau jalan kelurnya yaitu melalui kegiatan permainan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan perencanaan meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu kata di TK AL-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. 2) Mendeskripsikan proses meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu kata di TK AL-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. 3) Mendeskripsikan hasil meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu katadi TK AL-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Dalam penelitian ini akan menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data yang lebih akurat sebagai dasar dalam pengambilan keputusan untuk mendapatkan solusi yang tepat dalam pemecahan masalah meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiata kartu kata. Adapun pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku orang, atau keadaan pada tempat tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi. Teknik penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentsi dan studi literatur. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur dan yang menjadi sample penelitian adalah 1orang pengelola, 1 orang tutor dan 5 orang peserta didik. Hasil penelitian ini merujuk bahwa tingkat kemampuan membaca anak TK kelas B sebelum dilaksakan kegiatan membaca melalui permainan kartu kata tingkat membaca nya rendah, tetapi sesuadah diadakannya pembelajaran dengan permaina kertu kata sudah mulai terlihat ada peningkatan. Hasil penelitian ini sudah mencapai indicator yang diharapkan, dengan menggunakan permaianan kartu kata dapat mneingkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Kata Kunci : Kartu Kata, Membaca, Anak Uisa Dini

References

Adalilla, S, (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Rineka Cipta. Jakarta

Mr.Lado.( 1976). Membaca Anak Usia Dini. Lubuk Agung. Jakarta

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1, pasal 1, butir 14

PAUD menurut Direktorat PAUD (2002)

Wilson dan Peters (Resmini, Novi dan Hartati, Tatat, 2006). Membaca Anak Usia Dini. Rineka Cipta. Jakarta

Downloads

Published

2017-02-28