PENGEMBANGAN KAPASITAS WISATA BUDAYA MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KESENIAN SASAKALA KARINDING KINANTI DI PKBM KINANTI KECAMATAN LEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.371Abstract
Dalam rangka penyelenggaraan pelayaanan kepada pelaku seni dan peningkatan pengetahuan keterampilan individu maupun organisasi agar teroptimalkanya potensi seni budaya lokal yang ada di lingkungan sekitar. Pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat mengandung sebuah pemahaman tentang berbagai upaya meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan pelaku seni.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat melalui  program kesenian sasakala karinding kinanti di PKBM Kinanti Kecamatan Lembang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga dapat menganalisis pengembangang kapasitas wisata budaya masyarakat dan faktor pendukung serta penghambat yang dihadapi dalam pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat di PKBM Kinanti Kecamatan Lembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian antara lain: (1)perencanaan pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat (2) pelaksanaan pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat (3)evaluasi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat. Hasil penelitian ini adalah strategi pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat yang di lakukan kelompok seni sasakala karinding kinanti ini sudah cukup memadai dengan faktor pendukung dan penghambat. Saran yang di berikan adalah Kelompok Seni Sasakala Karinding Kinanti harus lebih inovatif dalam pengembangan kapasitas wisata budaya masyarakat. Kata Kunci: Pengembangan Kapasitas, Wisata Budaya Masyarakat, Program Kesenian Sasakala Karinding KinantiReferences
Kurniawan, B. 2012. Ilmu Budaya Dasar. Tanggerang: Jelajah Nusa
Abdulah,Tata.(2006).Budaya Sunda Kini, Dulu Dan Masa Depan. Bandung : Kencana Utama
Oka, yoeti, at.al. 2006. Pariwisata Budaya Masalah Dan Solusinya. Jakarta : PT Malta Printindo
Kamil, Mustofa. (2009). Pendidikan Non Formal. Bandung : Alfabeta
Sudjana,D (2004).Pendidikan Non Formal. Bandung : Falah Production
Sudjana,D 1996 Pendidikan Luar Sekolah Wawasan Sejarah Perkembangan Falsafah dan Teori Pendukung Asas . Bandung : Falah Production.
Lestari Susi. 2009. Skripsi Pengembangan Desa Wisata Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat : Universitas Islam Megri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Amalia Ayuni Hakim 2012. e-Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran V0.1 Konservasi Kesenian Karinding oleh Komunitas Karinding Attack (karat)dalam Upaya Pelestarian Budaya Seni Sunda : Universitas Padjajaran.
Nazir,Mohammad.2005.Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia .
Moeleong, L.J. 2008.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya.
Ejournal article Pengembangan Kapasitas (capacity building) Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang Jenivia Dwi Ratnasari, Mochamad Makmur, Heru Ribawanto 1999 Kabupetan,Jombang.
Nuharismana Sule.2012 Tesis Karinding Kawung Kana Seni Tradisional di Cineam Kabupaten Tasikma laya : Universitas Pendidikan Indonesia .
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat 2015 Statistik Daerah Provinsi Jawa Barat 2015 : BPS Provinsi Jawa Barat.
Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003.
Undang-Undang Dasar 1945.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.
The copyright of the accepted article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.