IMPLEMENTASI KEKUATAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PENDEKATAN ANDRAGOGI

Authors

  • Anita Rahman STKIP Siliwangi
  • Dewi safitri Elshap STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v5i2p1-12.548

Keywords:

motivasi belajar, andragogi

Abstract

Pengembangan program pembelajaran tidak lepas dari situasi dan kondisi yang ada pada tiap individu, terutama dorongan pribadi dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam kenyataannya, manusia dewasa memiliki kekhususan tersendiri dalam mengembangkan dan membangun proses belajarnya, sehingga dapat membangun dan mengembangkan sendiri pendekatan, program bahkan metode belajarnya sendiri, secara teori, andragogi mendukung hal tersebut. Proses penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai bentuk dan dasar pendekatan yang berhubungan dengan pembentukan motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Luar Sekolah yang menjadi objek dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan andragogi memberikan dampak yang cukup besar dalam membangun motivasi belajar mahasiswa, terutama yang ditunjukkan dalam intensitas perhatian selama perkuliahan,  konsistensi dalam mengerjakan tugas dan evaluasi perkuliahan, serta capaian kriteria kelulusan mata kuliah yang membaik.

Downloads

Published

2016-09-30