PERAN PG-TK BPI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN TARI TRADISIONAL SUNDA

Authors

  • Tati Suharti STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i2p161-180.583

Keywords:

Pelatihan Tari Tradisional sunda, Peran PGTK BPI, Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang Peran PGTK BPI dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan tari tradisional Sunda. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengidentifikasi bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari  Pelatihan Tari Tradisional Sunda Bagi Guru TK  yang diselenggarakan oleh  PG-TK BPI Kota Bandung. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yang menjadi subyek penelitian berjumlah 10 0rang yang terdiri dari  6 orang peserta pelatihan, 2 orang narasumber dan 2 orang pelaksana kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini mengacu kepada : (1) Perencanaan  pelatihan tari tradisional Sunda, (2) Pelaksanaan pelatihan tari tradisional Sunda, (3) Evaluasi pembelajaran tari tradisional Sunda. Pada tahap perencanaan proses pelatihan telah disusun oleh pelatih bagaimana menciptakan iklim pelatihan. Pada tahap pelaksanaan pelatihan penyajian materi dilakukan di dalam ruangan baik secara teoritis maupun praktik. Evaluasi yang  dilakukan oleh pelatih dilakukan dalam bentuk penguasaan gerakan dengan cara memperagakan gerakan tari oleh peserta secara satu persatu.Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat  bahwa Peran PG-TK BPI dalam meningkatkan kompetensi guru melalui Tari Tradisional Sunda (studi deskriptif kualitatif tentang pembelajaran tari tradisional sunda bagi guru TK di Kota Bandung) telah terlihat keberhasilan yang positif baik dilihat dari  penilaian  terhadap peserta pelatihan Tari Tradisional sunda maupun terhadap penilaian pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelatihan tari tradisional sunda.

Downloads

Published

2014-09-30