HUBUNGAN DIADIK (RELATIONAL DYADIC) TUTOR DENGAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Asep Dion STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i1p38-46.590

Keywords:

Peserta Didik, Kegiatan Pembelajaran

Abstract

Sistem pembelajaran modern saat ini, perserta didik tidak hanya berperan sebagai komunikan (penerima pesan), bisa saja siswa bertindak sebagai komunikator (penyampai pesan). Salah satu penyebab kegagalan komunikasi pada proses pembelajaran di sekolah disebabkan karena seringkali seseorang menjalin suatu hubungan komunikasi tidak sebagai sesuatu yang dibutuhkan untuk kebaikan hubungan itu sendiri. Banyak terjadi hubungan yang stabil dan berlangsung lama dibatasi pada suatu konteks khusus. Derajat kepuasan seseorang yang diperoleh dari suatu hubungan dan cara hubungan itu berkembang akan didasarkan kepada penilaian implisit seseorang tentang orang lain. Hubungan tutor dan peserta didik merupakan jalinan yang unik, dan secara tradisional diatur oleh sejumlah norma yang berhubungan dengan kekuasan, status, dan kemampuan diantara kedua pihak. Hubungan diadik yang bertahan lama antara tutor dengan peserta didik menjadi faktor utama terciptanya situasi kegiatan pembelajaran. Tutor atau pendidik berperan sebagai pembantu, pendorong, dan pembimbing bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan peserta didik dengan kesadarannya sendiri dan kesengajaan melakukan kegiatan belajar dengan keterlibatan atau pertisipasi yang tinggi.

Downloads

Published

2013-02-28