PROGRAM PELATIHAN ECBT (Edulab Certified Basic teaching ) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA TUTOR (Studi Kasus di Konsultan Pendidikan Edulab Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p13-24.594Keywords:
Pelatihan, kinerja tutorAbstract
Penelitian ini difokuskan pada program pelatihan ECBT (Edulab Certified Basic Teaching) di Edulab Bandung Jln. Kalimantan No. 7 Bandung. Untuk mengetahui pendapat pengelola, instruktur dan tutor peserta mengenai program pelatihan ini. Metoda dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sample penelitian ini adalah sebanyak 10 orang terdiri dari dua (2) pengelola, tiga (3) instruktur dan lima (5) tutor peserta. Berdasarkan hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa program pelatihan ECBT adalah pelatihan yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan Edulab , tutor dan siswa. Namun secara khusus program pelatihan ECBT ini dapat mengoptimalkankompetensi profesional tutor terutama dalam pengajaran di Edulab. Berdasarkan testimoni responden program ini diidentifikasi  mampu meningkatkan kinerja tutor, menyenangkan, dan berbeda dari program pelatihan umumnya serta bisa mengakomodasi kebutuhan akademik, rasio tutor dan sarana prasrana.Downloads
Published
Issue
Section
License
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.
The copyright of the accepted article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.