UPAYA TUTOR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK BERBASIS METODE BERMAIN PERAN DI TK DAYANG SUMBI CIMAHI

Patimah Patimah

Abstract


Fokus masalah dalam penelitian ini adalah kurang terlatihnya kemandirian anak usia dini di TK Dayang Sumbi, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap data tentang kondisi objektif dalam proses pembelajaran,tentang penggunaan metoda bermain peran tentang hasil pembelajaran melalui metoda bermain peran dalam menumbuhkan Kemandirian anak usia dini di TK Dayang Sumbi Kota Cimahi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metoda studi kasus., teknik pengunpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa kondisi objektif pemebelajaran anak usia dini pada umumnya menggunakan prinsip bermain sambil belajar, pembelajran dilaksanakan melalui perencanaan, yaitu melalui rencana kegiatan harian, penggunaan metode bermain peran dilakukan simulasi atau peraktek guna menumbuhkan kemandirian anak usia dini, Metode bermain peran adalah salah satu alternative untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini.


Keywords


Kemandirian Anak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p72-78.599

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.