PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP EFEKTIFITAS DIKLAT DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKANBIDANG TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA (P4TK TK dan PLB)

IR Suwardi

Abstract


Tahun 2012 dan tahun 2013 pelaksanaan diklat di P4TK TK dan PLB Bandung pada setiap pelaksanaan diklat belum mendapatkan perhatian yang serius, indikasinya adalah dari 54 jenis diklat, ditahun 2013 hanya 33% responden memberikan tanggapan layanan penyelenggaraan diklat sangat baik, 58% pesserta diklat memberikan tanggapan layanan penyelenggaraan diklat baik, sedangkan di tahun 2012, 23% peserta diklat memberikan tanggapan layanan penyelenggaraan diklat sangat baik, 66% peserta diklat memberikan tanggapan baik, dan 10%  peserta diklat memberikan tanggapan kurang baik. Rendahnya capain indikator sangat baik dan baik dibawah 80%.Beberapa masalah dapat yang bisa diidentifikasi : (1) Lembaga P4TK  TK dan PLB Bandung belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara masing-masing variabel layanan akademik. (2) Lembaga P4TK TK dan PLB  Bandung belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara masing-masing variabel layanan non akademik terhadap peserta diklat. (3) Lembaga P4TK TK dan PLB Bandung belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara variabel layanan akademik dan non akademik dalam penyelenggaraan diklat. (4) Lembaga P4TK TK dan PLB  belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara variabel layanan akademik terhadap tanggapan responden. (5) Lembaga P4TK TK dan PLB Bandung dirasa kurang optimal dalam memberikan layanan non akademik terhadap tanggapan responden.Tujuan penelitian untuk : (1) Menganalisis hubungan antar variabel pelayanan akademik, (2) Menganalisis hubungan antara variabel pelayanan non akademik, (3) Menganalisis hubungan  antara pelayanan akademik dan pelayanan non akademik yang diselenggarakan dalam diklat, (4) Menganalisis hubungan antara  pelayanan akademik  terhadap tanggapan responden, dan  (5)  Menganalisis hubungan antara  pelayanan non  akademik  terhadap tanggapan responden.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian naturalistik dengan menggunakan pendekatan deduktif (deductive approach), data  hasil tanggapan dianalisis melalui penentukan hubungan antara masing-masing variabel pelayanan  akademik dan non akademik serta variabel pelaksanaan program diklat. Selanjutnya untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan penyelenggaraan program data dinalisis dengan uji statistik nonparametrik, dengan menggunakan desain penelitian yaitu, dua variabel independen komponen pelayanan akademik dan komponen pelayanan non akademik) dan satu variabel independen (pelaksanaan program diklat). Hasil analisis data :(1) Terdapat hubungan antara variabel pelayanan akademik di P4TK dan PLB Bandung. (2) Terdapat  hubungan antara variabel pelayanan non akademik di P4TK TK dan PLB Bandung. (3)Terdapat hubungan  antara pelayanan akademik dan pelayanan non akademik di P4TK TK dan PLB Bandung. (4) terdapat  hubungan antara  pelayanan akademik  terhadap tanggapan responden di P4TK TK dan PLB Bandung. (5) Terdapat hubungan antara  pelayanan non  akademik  terhadap tanggapan responden di P4TK TK dan PLB Bandung.


Keywords


Hubungan, Efektifitas, pelayanan akademik, pelayanan non akademik, penyelenggaraan diklat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p94-104.602

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.