PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP EFEKTIFITAS DIKLAT DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKANBIDANG TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA (P4TK TK dan PLB)
DOI:
https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p94-104.602Keywords:
Hubungan, Efektifitas, pelayanan akademik, pelayanan non akademik, penyelenggaraan diklat.Abstract
Tahun 2012 dan tahun 2013 pelaksanaan diklat di P4TK TK dan PLB Bandung pada setiap pelaksanaan diklat belum mendapatkan perhatian yang serius, indikasinya adalah dari 54 jenis diklat, ditahun 2013 hanya 33% responden memberikan tanggapan layanan penyelenggaraan diklat sangat baik, 58% pesserta diklat memberikan tanggapan layanan penyelenggaraan diklat baik, sedangkan di tahun 2012, 23% peserta diklat memberikan tanggapan layanan penyelenggaraan diklat sangat baik, 66% peserta diklat memberikan tanggapan baik, dan 10% peserta diklat memberikan tanggapan kurang baik. Rendahnya capain indikator sangat baik dan baik dibawah 80%.Beberapa masalah dapat yang bisa diidentifikasi : (1) Lembaga P4TK TK dan PLB Bandung belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara masing-masing variabel layanan akademik. (2) Lembaga P4TK TK dan PLB Bandung belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara masing-masing variabel layanan non akademik terhadap peserta diklat. (3) Lembaga P4TK TK dan PLB Bandung belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara variabel layanan akademik dan non akademik dalam penyelenggaraan diklat. (4) Lembaga P4TK TK dan PLB belum mengadakan analisis hubungan fungsional antara variabel layanan akademik terhadap tanggapan responden. (5) Lembaga P4TK TK dan PLB Bandung dirasa kurang optimal dalam memberikan layanan non akademik terhadap tanggapan responden.Tujuan penelitian untuk : (1) Menganalisis hubungan antar variabel pelayanan akademik, (2) Menganalisis hubungan antara variabel pelayanan non akademik, (3) Menganalisis hubungan antara pelayanan akademik dan pelayanan non akademik yang diselenggarakan dalam diklat, (4) Menganalisis hubungan antara pelayanan akademik terhadap tanggapan responden, dan (5) Menganalisis hubungan antara pelayanan non akademik terhadap tanggapan responden.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian naturalistik dengan menggunakan pendekatan deduktif (deductive approach), data hasil tanggapan dianalisis melalui penentukan hubungan antara masing-masing variabel pelayanan akademik dan non akademik serta variabel pelaksanaan program diklat. Selanjutnya untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan penyelenggaraan program data dinalisis dengan uji statistik nonparametrik, dengan menggunakan desain penelitian yaitu, dua variabel independen komponen pelayanan akademik dan komponen pelayanan non akademik) dan satu variabel independen (pelaksanaan program diklat). Hasil analisis data :(1) Terdapat hubungan antara variabel pelayanan akademik di P4TK dan PLB Bandung. (2) Terdapat hubungan antara variabel pelayanan non akademik di P4TK TK dan PLB Bandung. (3)Terdapat hubungan antara pelayanan akademik dan pelayanan non akademik di P4TK TK dan PLB Bandung. (4) terdapat hubungan antara pelayanan akademik terhadap tanggapan responden di P4TK TK dan PLB Bandung. (5) Terdapat hubungan antara pelayanan non akademik terhadap tanggapan responden di P4TK TK dan PLB Bandung.Downloads
Published
Issue
Section
License
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.
The copyright of the accepted article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.