STRATEGI PANTI ASUHAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p104-115.603Keywords:
kemandirian, keterampilan, kewirausahaan, pendidikan dan pelatihanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data tentang Bagaimana penerapan metode, strategi, dan efektivitas kegiatan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dalam meningkatkan keterampilan di panti asuhan Kuncup Harapan Muhammadiyah Sukajadi Kota Bandung. Landasan teori yang dijadikan rujukan adalah, Pemberdayaan Warga Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian, Pendidikan dan Pelatihan Sebagai salah satu bentuk Program PLS, Kewirausahaan dan Kemandirian Warga Belajar, Peran Panti Asuhan Dalam Pemberdayaan Melalui pendidikan dan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penerapan metode yang digunakan adalah, diskusi, demonstrasi, ceramah, proses dan langkah-langkah dalam menyampaikan materi yang dirancang dan disusun oleh tutor disesuaikan dengan latar belakang peserta dan kebutuhan peserta, strategi pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilakukan adalah berangkat dari tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan, tujuan tersebut meliputi tiga aspek yang harus dipenuhi yaitu raw input, instrumental input, dan proses, sebelum pelaksanaan dilakukan perlu adanya tahapan yang dimulai dari mengidentifikasi kebutuhan warga belajar, sampai dengan evaluasi program. Efektifitas penggunaan metode dalam pelatihan adalah bagaimana rancangan dan penyusunan kurikulum yang dilakukan oleh penyelenggara, tutor dan pihak – pihak lain yang terkait dengan kegiatan tersebut, bahwa Kurikulum disusun secara bersama-sama antara penyelenggara dan tutor yang telah disesuaikan dengan kebutuhan warga belajarbahwa hasil dari pelatihan warga belajar banyak yang menjadi mandiri dalam wirausaha. Kesimpulan penelitian ini adalah tujuan dari kegiatan pelatihan sesuai dengan yang diharapkan, yaitu dapat meningkatkan kemandirian dan keterampilan berwirausaha di Panti Asuhan Kuncup Harapan Muhammadiyah Kota BandungDownloads
Published
Issue
Section
License
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.
The copyright of the accepted article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.