PERAN GUGUS PAUD DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD NON FORMAL DI KECAMATAN CIRANJANG KABUPATEN CIANJUR
DOI:
https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p149-159.607Keywords:
Gugus Paud, Kompetensi Guru, Paud Non FormalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi sumber daya guru paud non formal yang kompetensinya masih banyak yang belum sesuai dengan standar kompetensi guru paud yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan berdampak kepada kualitas proses belajar mengajar maupun kualitas lulusan di lembaga PAUD non formal. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan program Gugus paud Kecamatan Ciranjang dalam meningkatkan kompetensi guru paud, 2) Untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan program Gugus paud Kecamatan Ciranjang dalam meningkatkan kompetensi guru paud, 3) Untuk memperoleh gambaran tentang hasil dari program Gugus paud Kecamatan Ciranjang dalam meningkatkan kompetensi guru paud. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Kajian data pada penelitian ini didapat dari hasil pengamatan langsung kegiatan gugus dan guru paud, dan hasil wawancara dengan subejk yang diambil sebagai sampel serta dari literatur pendukung.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran gugus paud Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur dalam meningkatkan kompetensi guru paud non formal diwujudkan dalam program gugus seperti, 1) diklat dasar paud, 2) pembinaan teknis, 3) seminar, 4) work shop, 5) bantuan melanjutkan studi, 6) peningkatan motivasi guru seperti lomba guru berprestasi, porseni guru paud, 7) menyediakan fasilitas penunjang seperti, buku-buku referensi, majalah pendidikan. Pelaksanaan program gugus ini sudah berjalan dengan baik, hal ini dilihat dari proses perencanaan yang melibatkan para kepala paud dan pelaksanaanya yang diikuti oleh guru-guru paud kecamatan ciranjang sesuai dengan program yang dibuat.Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa guru paud yang mengikuti program kegiatan gugus, menunjukan adanya peningkatan kompetensi guru paud baik kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi professional. Dengan demikian program yang dilaksanakan oleh gugus paud dapat berperan besar dalam meningkatkan kompetensi guru paud.Downloads
Published
Issue
Section
License
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.
The copyright of the accepted article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.