PENGGUNAAN METODE BERCERITA BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD SMART LITTLE CILAME INDAHBANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611Keywords:
PTK Terhadap Anak Usia Dini di PaudAbstract
Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah eara mencrapkan pendidikan melalui metode bercerita terhadap prilaku anak. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penggunaan metode bercerita dalam proses pembelajaran di PAUD, untuk mengetahui prosedur pemilihan tema cerita, untuk mengetahui dampak metode bercenta terhadap pnlaku anak setelah mengilcuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita, dan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi pembimbing dalam menggunakan metode bercerita yang bertujuan menerapkan pendidikan untuk anak. Teori yang dianggap bermakna, dalam mengungkapkan fokus di atas, yaitu Konsep Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep Pembelajaran, Konsep Perkembangan Bahasa, dan Konsep Metode bercerita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Icualitatif dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan tujuan untuk memperbaiki persoalan nyata dan praktis dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar khususnya pembelajaran untuk meningkaflm empati anak. Kemampuan berempati anak di PAUD Smart Little Cilame Indah, setelah diterapkannya metode bercenta, mengalami peningkatan. Terlihat dari aspek kemampuan empati yang diamati mengalami peningkatan. Anak dapat menghormati teman, anak sudah tidak memaksakan kehendak kepada. teman, anak clapat bersabar menunggu giliran, dan anak dapat membantu guru.Downloads
Published
Issue
Section
License
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.
The copyright of the accepted article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.