IMPLEMENTASI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD BINA BAHAGIA

Eka Rini Sungkowati

Abstract


Usia 4-6 Tahun merupakan masa peka bagi anak, masa ini merupakan masa meletakan dasar dalam pengembangan beberapa kemampuan, salah satunya yaitu kemampuan Bahasa, Berdasarkan penelitian di Paud Bina Bahagia masalah pokok yang diambil penulis adalah kurangnya minat anak dalam mengenal huruf/kata karena media pembelajaran yang kurang menarik.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Anak Usia Dini melalui pemanfaatan permainan kartu kata bergambar (2) Kondisi Objektif kemampuan membaca anak sebelum menggunakan kartu kata bergambar (3) Kemampuan membaca anak setelah menggunakan kartu kata bergambar.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan analisa kualitatif, dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 25 orang. Lokasi penelitian dilaksanakan di Paud Bina Bahagia yang letaknya di Desa Bina Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi Utara. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan tekhnik observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, karena data yang diperoleh berupa angka dengan menggunakan rumus: P=F/N x 100%. Dari penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan media permainan kartu kata bergambar  dalam kegiata pembelajaran dapat meningkatkan perkembangan membaca anak, Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada lembaga Paud untuk dapat lebih selektif dalam memilih media pembelajaran khususnya untuk merangsang perkembangan membaca anak.


Keywords


Implementasi Permainan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p49-59.615

Article Metrics

Abstract view : 530 times
PDF - 1656 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.