PENGARUH PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PRILAKU MAHASISWA DI STIK BINA HUSADA

Sari Misnaini Misnaini

Abstract


Kondisi bangsa Indonesia sekarang sedang dilanda oleh berbagai krisis, yang tidak mendukung tumbunya suburnya pengamalan nilai-nilai  Pancasila. Hal ini terlihat dari masih maraknya    masalah  narkoba,  tawuran ,   pola   hidup   konsumerisme,   praktik   hidup   keagamaan   yang mementingkan formalisme yuridis dan simbol-simbol yang memudahkan untuk diadu domba. Krisis karakter sekarang  ini sudah menjalar pada lingkungan kampus yang tampak pada sikap dan perilaku mahasiswa yang bertentangan dengan nilai moral. Oleh sebab itu sebagai  manusia  yang  menjunjung  keharmonisan  dan  keserasian  sebagai  jati diri bangsa maka sangatlah tepat jika nilai-nilai Pancasila dijadikan sebagai nilai moral untuk landasan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara khusunya kehidupan kampus Bina Husada. Prinsip etika Pancasila pada hakikatnya bersifat humanistik, artinya nilai-nilai Pancasila mendasarkan pada nilai yang bersumber pada harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang berbudaya.  Pancasila  sebagai  dasar  negara  dan  ideologi  bangsa  mengandung  nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. Melalui pembelajaran  Pancasila di kampus Bina Husada ,  mahasiswa mulai  menyaadai akan pengamalan  nilai-nilai Pancasila. Dari  pengamalan inilah ditemukan perubahan-perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. 


Keywords


Nilai-nilai Pancasila, Prilaku Mahasiswa

References


Kambey, Daniel C. 2006. Landasan Teori Administrasi/Manajemen. Manado: Tri Ganesha Nusantara.

Koesoema, Doni A. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

________________ 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Kusdi, 2009. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Megapolitan, Tawuran Antarpelajar, [Online] (http://www.megapolitan.com, diakses 21 Desember 2012).

Moleong, Lexy J., 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratag, Mezak A. & Korompis, Ronald, 2009. Kurikulum Berbasis Kehidupan: Pandangan tentang Pendidikan Menurut Ronald Korompis. Tomohon: Yayasan Pendidikan Lokon.

Sagala, Syaiful, 2010. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sule, Ernie Tisnawati dan Saefullah, Kurniawan, 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini, 2011. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wikipedia Indonesia, Manajemen, [Online] (http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia.manajemen, diakses 5 April 2013).

Kaelan (2002) Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

Paradigma.Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p75-84.1021

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.