Bimbingan Teknis Pengolahan Nilai Melalui Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Ms.Excel Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengolah Data Hasil Evaluasi Pembelajaran

Iseu Marlaise

Abstract


Penilaian merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran   bagi   setiap   komponen   proses   belajar   mengajar.   Dari   Hasil Pengamatan  yang  dilakukan  oleh  peneliti  tentang  Kemampuan  Guru  Dalam Mengolah Data Hasil Evaluasi Pembelajaran, dapat diketahui bahwa kemampuan guru dalam hal ini belum optimal. Guru seringkali masih menemukan kesulitan dalam pengolahan hasil evaluasi, terutama yang menggunakan aplikasi komputer. Guna  mengatasi  masalah  tersebut  perlu  diadakannya  suatu  bimbingan  untuk mengatasinya.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui Apakah kegiatan bimbingan teknis pengolahan nilai melalui pemanfaatan aplikasi berbasis MS.excel, dapat meningkatkan  kemampuan  guru  dalam  mengolah  data  hasil  evaluasi pembelajaran, 2) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan guru dalam mengolah data hasil evaluasi pembelajaran, setelah diadakannya kegiatan bimbingan   teknis   pengolahan   nilai   melalui   pemanfaatan   aplikasi   berbasis MS.excel, 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan guru dalam mengolah data hasil evaluasi pembelajaran, setelah diadakannya kegiatan bimbingan teknis pengolahan nilai melalui pemanfaatan aplikasi berbasis MS.excel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang meliputi 2 siklus tindakan. Dalam satu siklus terdapat masing-masing satu tindakan. Setiap siklus terdapat berbagai instrumen yang berfungsi sebagai refleksi pada siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah guru Di SD Negeri Cibabat Mandiri 2

Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018-2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, tes hasil belajar, studi dokumentasi dan dokumen analisis data. Penelitian dimulai sejak bulan Juli 2018 sampai Desember 2018.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan teknis mampu meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah hasil evaluasi menggunakan MS.Excel, yang dilaksanakan pada guru-guru SD Negeri Cibabat Mandiri 2 Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018-2019.


Keywords


Kompetensi Guru, Mengolah Hasil Evaluasi, MS.Excel



DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v6i1p51-62.1246

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.