MENGEMBANGKAN SELF CONFIDENCE MATEMATIK SISWA SD BANTARAN CITARUM MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Authors

  • Sukma Murni IKIP Siliwangi
  • Sylvia Rabbani

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengembangan  Self confidence matematik Siswa SD Bantaran Citarum melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di salah satu SD di Kecamatan Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes   Self confidence matematik. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, analisis kuantitatif dilakukan terhadap  Self confidence. Dalam perhitungan pengolahan data menggunakan program microsoft excel dan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan  Self confidence matematik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan RME lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Kata kunci: Self confidence, Realistic Mathematics Education

References

Chotimah, S. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi serta Self Confidence Matematik Siswa SMA Kota Bandung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Tesis STKIP Siliwangi. Cimahi: Tidak diterbitkan.

Murni, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Resiliansi Matematik Siswa SMA Negeri di Kota Cimahi melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Tesis. STKIP Siliwangi: Tidak diterbitkan.

Rabbani, S. (2016). Penerapan Discovery learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun dan Menguji Konjektur Siswa dan Seld-Confidence. Tesis. UPI: Tidak diterbitkan.

Sunito, I., dkk. (2013). Metaphorming: Beberapa Strategi Berfikir Kreatif. (Jakarta: Indeks, 2013), h.62-64.

Wardani, R. (2018). Menyongsong Transformasi Pendidikan 4.0. Disampaikan pada Seminar Nasional Dinamika Informatika Senadi UPY 2018.

Published

2019-11-09