IMPLEMENTASI PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI YANG DIGUNAKAN OLEH WIDYAISWARA DALAM MENGUKUR KEBERHASILAN PELATIHAN DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LEMBANG

Lenny Nuraeni (1*)
Dewi Safitri Elshap (2)
Prita Kartika (3)


(1) Dosen Tetap Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi
(2) Dosen Tetap Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi
(3) Dosen Tetap Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author


Abstract


ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini yaitu, “Bagaimana prosedur penyusunan instrumen evaluasi pelatihan yang digunakan oleh widyaiswara untuk mengukur keberhasilan pelatihan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Lembang”. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh data dan informasi tentang prosedur penyusunan instrumen evaluasi pelatihan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Lembang, untuk memperoleh data dan informasi tentang prosedur pengujian instrumen evaluasi pelatihan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Lembang, serta untuk memperoleh data dan informasi pengolahan data hasil evaluasi pelatihan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Lembang. Landasan teoritis yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai konsep pelatihan, konsep evaluasi dan pengertian instrumen evaluasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah metode deskriftif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi literatur. Subjek utama penelitian ini adalah widyaiswara dan pengelola pelatihan di BBPPKS Lembang. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Prosedur penyusunan dan pengembangan instrumen tes yang dilakukan oleh widyaiswara di BBPPKS Lembangdimulai dari menetapkan tujuan tes, menetapkan hasil belajar yang akan diukur,mempersiapkan tabel spesifikasi (kisi-kisi), menetapkan isi materi tes, Menetapkan butir tes, menyiapkan norma aturan, dan mempersiapkan kunci skoring. 2) Prosedur pengujian instrumen evaluasi di BBPPKS Lembang tidak dilakukan pengujian validitas item soal dan pengujian reliabilitas instrumen evaluasi. Hal ini didasari alasan bahwa sifat pelatihan di BBPPKS Lembang yang dinamis sehingga tidak cukup waktu untuk melakukan pengujian tersebut, selain itu ada faktor kekurang pahaman beberapa widyaiswara menggunakan teknik statistik dalam pengujian tersebut.Tetapi secara keseluruhan instrumen evaluasi tersebut telah melewati langkah-langkah pengujian seperti validitas logis, validitas isi, validitas konstruk, validitas empiris, objektivitas, taraf kesukaran dan praktikabilitas. 3) Tahapan pengolahan data hasil evaluasi di BBPPKS Lembang Lembang dimulai dari pemeriksaan hasil evaluasi pembelajaran, perekapan data hasil evaluasi, pemberian skor, perubahan skor menjadi nilai dan analisis serta penafsiran data hasil evaluasi untuk pengambilan keputusan selanjutnya dilakukan secara berurutan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh lembaga. Dari hasil analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Prosedur penyusunan dan pengembangan instrumen tes yang dilakukan oleh widyaiswara di BBPPKS Lembang telah sesuai dengan langkah-langkah penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran yang baik. 2) Prosedur pengujian instrumen evaluasi di BBPPKS Lembang belum memenuhi kriteria ciri-ciri tes yang baik karena tidak dilakukan pengujian validitas item soal dan pengujian reliabilitas instrumen evaluasi. 3) Secara keseluruhan pengolahan data di Lembaga BBPPKS Lembang telah dilakukan dengan baik, tahapan pengolahan data hasil evaluasi yang dimulai dari pemeriksaan hasil evaluasi pembelajaran, perekapan data hasil evaluasi, pemberian skor, perubahan skor menjadi nilai dan analisis serta penafsiran data hasil evaluasi untuk pengambilan keputusan selanjutnya dilakukan secara berurutan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh lembaga.

 

Kata Kunci: Implementasi Penyusunan Instrumen Evaluasi Pelatihan, BBPPKS Lembang

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Problems in this study, namely, "How is the procedure of preparation of training evaluation instruments used by trainers to measure the success of the training at the Center for Education and Social Welfare Training Lembang". This study aimed to obtain data and information on procedures for the preparation of an evaluation instrument training at the Center for Education and Social Welfare Training Lembang, to obtain data and information on the testing procedures of evaluation instruments of training at the Center for Education and Social Welfare Training Lembang, as well as to obtain data and data processing information on the evaluation of training at the Center for Education and Social Welfare Training Lembang. Theoretical foundation discussed in this study is the concept of training, evaluation and understanding the concept of evaluation instruments. The method used in this research is descriptive method with data collecting technique is interview, observation, documentation studies and literature studies. The main subject of this study are trainers and training managers in BBPPKS Lembang. Based on the findings of this study are as follows: 1) The procedure for preparing and developing instrument tests conducted by trainers in BBPPKS Lembangdimulai of set purpose test, establish learning outcomes to be measured, prepare a table of specifications (lattice), specify the content of the test material , Establish test items, setting norms rules, and prepare the scoring key. 2) The testing procedure evaluation instrument in Lembang BBPPKS not done testing the validity and reliability testing item about evaluation instruments. It is based on the reason that the nature of the training in Lembang BBPPKS a dynamic that is not enough time to do such testing, there are factors besides lack of understanding some trainers use statistical techniques in testing tersebut.Tetapi overall evaluation instrument has passed the testing measures such as validity logical, content validity, construct validity, empirical validity, objectivity, the level of difficulty and praktikabilitas. 3) Stages of data processing evaluation results in BBPPKS Lembang Lembang start of the examination results of the evaluation of learning, perekapan evaluation data, scoring, score changes into value and the analysis and interpretation of evaluation data for decision making is then performed in sequence in accordance with the procedures specified by the institution. From the results of data analysis, it can be concluded that 1) the procedure for preparing and developing instrument tests conducted by trainers in BBPPKS Lembang in accordance with the steps the preparation of good learning evaluation instruments. 2) The testing procedure evaluation instrument in Lembang BBPPKS not meet the criteria of the characteristics of a good test because it is not a matter of testing the validity and reliability test item evaluation instruments. 3) Overall data processing at the Institute BBPPKS Lembang has done well, the stages of data processing results of the evaluation starts from the examination results of the evaluation of learning, perekapan evaluation data, scoring, score changes into value and the analysis and interpretation of evaluation data for decision making then performed sequentially in accordance with the procedures specified by the institution.


Keywords: Formulation Implementation Evaluation Instrument Training, BBPPKS Lembang

Keywords


Implementasi Penyusunan Instrumen Evaluasi Pelatihan, BBPPKS Lembang

References


Atmodiwiro, Soebagio. 2002. Manajemen Pelatihan. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.

Arikunto, S. (2006). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2009). Evaluasi Program Pendikdikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Bandung

Hamalik, Oemar. (2007). Manajemen pelatihan ketenagakerjaanpendekatan terpadu: pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Malyasari, Henny. (2005). Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Hasil Pelatihan Prosesing oleh BLKP Lembang di Desa Munjul Kabupaten Cianjur. Skripsi UPI: Tidak diterbitkan

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sudjana, D. (2001). Pendidikan Luar Sekolah (Wawasan Sejarah Perkembangan Falsafah Teori Pendukung Asas). Bandung: Falah Production.

-----------------. (2004). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

------------------. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Rosda.

------------------. (2007). Sistem dan Manajemen Pelatihan Teori dan Aplikasi. Bandung: Falah Production

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Phillips, J Jack. (1991). Handbook of Training Evaluation and Measurement Methods. Texas: Gulf Publishing Company

Lawson, Karen. (2006). The Trainers Handbook: Preiffer.

Dina. (2010). http://www.slideshare.net/ sd4purwodadi/instrumen-penilaianpem belajaran. [20 Agustus 2011]

Endang Swastyaskuningsih. (2009). http://stahdnj. ac.id/?p=67. Kriteria Instrumen Evaluasi Harus Memenuhi Syarat Sebelum di gunakan. [15 September 2011]

Fatimah. (2010). Evaluasi Program Pelatihan. [Online]. Tersedia:

http://www.umpwr.ac.id/web/download/publikasiilmiah/EvaluasiProgramPelatihan.pdf. [ 1 Agustus 2011]

Kodir, Ibnu. (2010). Definisi dan arti pentingnya kualitas. [Online]. Tersedia: http://www.ilmumanajemen.com/index.php?option=com_content&view=article&id=70:def&catid=38:mnkua&Itemid=29. [25 Juli 2011]

Anonim. (2010). Definisi Kisi-kisi instrumen. [online]. Tersedia: http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/09/sistem-manajemen-kualitas-qms-definisi.html. [25 Juli 2011]

Intermedia. (2010). Definisi pelatihan SDM. [Online]. Tersedia: http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/10407371379. [ 28 Juli 2011]

Rina. (2009). http://www.scribd.com/doc/7529555 /Training-Evaluation-Model. [5 September 2011]

Rika Sa’diyah. (2010). http://www.fai.umj.ac.id/index.php?option=com. [8 Agustus 2011]

Rouli, Lamria. (2009). Pendidikan dan Pelatihan. [Online]. Tersedia: http://stahdnj.ac .id/?p=67. [1 Agustus 2011]

Romli. (2010). http://www.deptan.go.id /bpsdmp/admin/download/ppt_tanpan.pdf. [13 September 2011]

Sasongko, Djoko. (2008). Prosedur Penilaian. [Online]. Tersedia: http://djoko-sasongko.blogspot.com/2008/12/definisi-kualitas.html. [ 25 juli 2011]

Sitimasrurohum. (2009). http://sitimasrurohum.blogspot.com/2009/05/desain-robot.html. evaluasi pembela jaran, [5 Agustus 2011]

Yanti. (2009). http://lpp.uns.ac.id/wp-content/ media/PANDUAN-EVALUASI-PEMBE LAJARAN.pdf. [10 agustus 2011].




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p31-39.161

Article Metrics

Abstract view : 1820 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 736 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.