EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI PENULISAN JURNAL REFLEKTIF BERBASIS PENILAIAN DIRI DI PBS. INDONESIA STKIP SILIWANGI

Authors

  • Diena San Fauziya Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi
  • Alfa Mitri Suhara Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p46-52.163

Keywords:

evaluasi, penilaian, pembelajaran, jurnal reflektif

Abstract

ABSTRAK Tes yang selama ini digunakan sebagai bentuk evaluasi sesungguhnya bukanlah satu-satunya bentuk evaluasi yang dapat dilakukan, melainkan banyak jenis lain yang dapat digunakan, di antaranya penulisan jurnal reflektif dan penilaian diri. Penelitian ini mencoba untuk merekam bagaimana respon dan hasil penilaian pembelajaran yang dilakukan melalui penulisan jurnal reflektif berbasis penilaian diri sebagai salah satu alternatif penilaian pembelajaran. Metode yang dilakukan untuk memecahkan masalah adalah deskriptif melalui survei dengan penyebaran angket dan praktik penilaian jurnal reflektif berbasis penilaian diri. Sampel yang diambil adalah para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Dari data yang terkumpul diperoleh simpulan bahwa penulisan jurnal reflektif efektif digunakan dan menyenangkan karena responden dapat mengetahui potensi yang dimilikinya dan dapat meningkatkan keterampilan menulis. Selain itu, diketahui juga bahwa melalui jurnal reflektif berbasis penilaian diri, pembelajar dapat menuangkan keterpahamannya mengenai materi, mengaitkan materi dengan apa yang dialami oleh dirinya, mengetahui hal-hal yang menjadi kendala, serta merencanakan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Kata Kunci: evaluasi, penilaian, pembelajaran, jurnal reflektif  ABSTRACT The test which has been used as a form of evaluation is actually not the only form of evaluation that can be done, but many other types that can be used, including journal writing and reflective self-assessment. This study tries to record how the responses and the assessment of learning is done through a reflective journal writing-based self-assessment as an alternative learning assessment. The method used to solve the problem is through a descriptive survey questionnaire and assessment practices reflective journal-based self-assessment. Samples taken are students Indonesian Education Studies Program. From the data collected be concluded that reflective journal writing effective use and fun because the respondents can know its potential and can enhance writing skills. In addition, note also that through reflective journal-based self-assessment, learners can pour keterpahamannya of matter, associate the material with what is experienced by himself, knowing the things that become obstacles, and to plan solutions to overcome these obstacles. Keywords: evaluation, assessment, learning, reflective journals

References

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi 2. Bandung: Bumi Aksara.

P4TK Bahasa. 2009. Penilaian. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Sanjaya, W. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

USAID PRIORITAS. 2013. Praktik yang Baik dalam Pembelajaran. Jakarta: tidak diterbitkan.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, S. & Abd. Syukur Ibrahim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. 2012. Bandung: Refika Aditama.

Published

2015-05-31