PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASPEK-ASPEK PERENCANAAN USAHA

Authors

  • Sopiah Sopiah SMK NEGERI 1 KOTA CIMAHI

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v7i1p62-73.1694

Keywords:

INDEX CARD MATCH, AKTITIVITAS, HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran tipe index card match aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi aspek-aspek perencanaan usaha pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri A di SMK Negeri 1 Cimahi tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 35 orang. Instrument yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen tes untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan tes siklus II (setelah pemberian tindakan) digunakan  mengukur hasil belajar siswa sedangkan instrument non tes berupa lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Prosedur penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas XI TEI A pada materi aspek-aspek perencanaan usaha dengan menggunakan  metode pembelajaran tipe index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa yang mengalami peningkatan. Pada tes awal (pras siklus) dari jumlah siswa 35 orang hanya sebanyak 19 orang yang mampu mencapai ketuntasan. dengan nilai rata-rata 72. Pada siklus 1 hasil tes meningkat cukup signifikan dimana jumah siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 orang dan nilai rata-rata meningkat menjadi 80. Pada siklus II terjadi peningkatan lagi dan rata-rata kelas untuk nilai tes menjadi 86

Downloads

Published

2020-05-25