PENGEMBANGAN EVALUASI KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN PENDEKATAN SISTEM

Authors

  • Mimin Sahmini Dosen Tetap STKIP SILIWANGI
  • Yeni Rostikawati Dosen Tetap STKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p182-191.177

Keywords:

Keterampilan Menulis, Pendekatan Sistem

Abstract

ABSTRAK Karyatulis ilmiah merupakan tulisan yang membahas ilmu pengetahuan disusun secara sistematis dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Salah satu jenis karya ilmiah adalah makalah. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam menulis makalah adalah pendekatan sistem. langkah awal dari pendekatan sistem adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi untuk mengenali kontroversi, refleksi lalu menimbang untuk memecahkan masalah, dan menentukan evaluasi yang tepat dengan permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengembangan evaluasi keterampilan menulis makalah dengan pendekatan sistem.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan/research and developments (R&D) yaitu penelitian yang menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif.Data keterampilan menulis makalah diperoleh melalui hasil tugas proyek menulis makalah dan hasil observasi kegiatan di kelas. Selain itu, data diperoleh juga melalui penyebaran angket kepada mahasiswa. Analisis data kualitatif dengan beracuan pada teori Jacob dalam bukunya Sihabudin. Adapun analisis data kuantitatif menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data terdapat kenaikan yang berarti dari setiap perlakuan. Sebelum model pendekatan sistem diterapkan, nilai rata-rata mahasiswa sebesar 2,153 dan pada penerapan model ujicoba 1 nilai rata-rata mahasiswa menjadi 2,800 atau megalami kenaikan 23%. Pada penerapan model pendekatan sistem ujicoba2 nilai mahasiswa meningkat menjadi 3,18 atau 32%. Berikutnya pada penerapan model pendekatan sistem ujicoba3 nilai mahasiswa menjadisebesar 3,34 atau meningkat 36%. Setelah seluruh model diterapkan maka nilai mahasiswa menjadi 3,60 atau  atau meningkat 40%, sehingga memenuhi nilai yang diharapkan (ideal). Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Pendekatan Sistem ABSTRACT Scientific papers are written about science compiled systematically using proper grammar and correct. One type of scientific work is paper. One approach that can be applied in writing papers is a systems approach. the first step of a systems approach is the planning, implementation, observation to recognize the controversy, reflection and then weigh to solve the problem, and determine the proper evaluation of the problems. The purpose of this study is to determine the effect the development of writing skills evaluation papers with a systems approach. This study uses research and development / research and developments (R & D) is the research that combines qualitative and quantitative research. Data writing papers skills obtained through project tasks writing papers and the observation of classroom activities. In addition, the data obtained also through a questionnaire to students. Beracuan qualitative data analysis with the theory of Jacob in his Sihabudin. The analysis of quantitative data using the t test. Based on the results of data analysis there is a substantial increase of each treatment. Before the model of a systems approach is applied, the average value of 2,153 students and the application of the first test model of the average value of 2,800 or megalami student into a 23% rise. On the application of the model test systems approach 2 grades of students increased to 3.18 or 32%. Next on the application of the model systems approach ujicoba3 student value amounted to 3.34, an increase of 36%. After the entire model is applied, the value of the student to 3.60 or an increase of 40%, thus meeting the expected value (ideal). Key Words: Writing Skills, Systems Approach 

References

Arifin, Z. (2002). Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo

Ary, D. dkk. (2007). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, H. D.(2008). Edisi kelima prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa.Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Creswell, J.W. (2002). Research design: desain penelitian qualitative &quantitative approaches. Pendekatan kualitatif. Alihbahasa angkatan III&IV KIK-UI dan bekerjasama dengan Nur Khabibah. Jakarta: KIK Press.

Elfindri, dkk. (2010). Soft Skilluntuk pendidik. (Tidak ada): Baduose Media.

Fathurrohman, P. & Sobry S.(2007). Strategi belajar mengajar strategi mewujudkan pembelajaran bermakna melalui penanaman konsep umum & konsep islami. Bandung: Refika Aditama.

Iskandarwassid & Dadang S.(2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Joyce, Bruce dkk. (2009). Models of Teaching Model-Model Pengajaran Edisi Delapan: Terjemahan Models of Teaching oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

LPMP SMA Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Muslich, M.(2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimentional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, B.(2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tarigan, H.G. (1993). Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Cetakan ke-1. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2000). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Cetakan ke-6. Bandung: Angkasa.

Tim Redaksi KBBI Pusat Bahasa. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published

2015-11-30