PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI MEKATRONIKA-B SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 KOTA CIMAHI

Authors

  • Aca Aca

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v8i1p74-80.2458

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi Short Functional Text di kelas XI Mekatronika-B SMK Negeri 2 Kota Cimahi terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terbagi menjadi 3 tahap, yaitu: 1) tahap awal, 2) tahap inti, dan 3) tahap akhir. Tahap awal meliputi : 1) Membuka pelajaran dan memeriksa kehadiran siswa, 2) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari bersama, 3) Memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. 4) Menyampaikan pentingnya mempelajari materi dalam kehidupan sehari-hari. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan mulai pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 41,92 (pre test), meningkat menjadi 78,70 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 91,29 (post test siklus II). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, peningkatan prestasi belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 75. Terbukti pada hasil pre test, dari 26 siswa yang mengikuti tes, ada 4 siswa yang tuntas belajar dan 22 siswa yang tidak tuntas belajar. Dengan persentase ketuntasan belajar 15,38%. Meningkat pada hasil post test siklus I, dari 27 siswa yang mengikuti tes, ada 20 siswa yang tuntas belajar dan 7 siswa yang tidak tuntas belajar. Dengan persentase ketuntasan belajar 74,07%. Meningkat lagi pada hasil post test siklus II, dari 27 siswa yang mengikuti tes, ada 22 siswa yang tuntas belajar dan 5 siswa yang tidak tuntas belajar. Dengan persentase ketuntasan belajar 81,48%.

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, (2008) Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2009) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media.

Arifin, Zainal. (2011) Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Djamarah, Syaiful Bahri, (1994) Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

E. Mulyasa. (2008) Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2008) Kurikulum&Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Huda, Miftahul. (2011) Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Metode Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong,Lexy J. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2011) Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono,Anas. (2005) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sujana,Nana. (2011) PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2011) Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Tukiran. (2011) Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: ALFABETA.

Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS.Bandung: Citra Umbara, 2008

Downloads

Published

2021-05-30