OPTIMALISASI PENGENALAN MODALITAS BELAJAR MAHASISWA, SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENGEMBANGKAN STASIUN SLIM-N-BIL

Authors

  • Via Nugraha IKIP Siliwangi
  • Ratih Sapdian IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3112

Keywords:

modalitas belajar, stasiun SLIM-N-BIL

Abstract

Pemenuhan daya kecerdasan peserta didik tentunya harus dilakukan secara optimal oleh calon guru. Untuk itu, calon guru harus mengenal kecerdasan beragam yang dikenal dengan SLIM-N-BIL. Memfasilitasi perbedaan yang dimiliki setiap peserta didik, calon guru hendaknya mampu membuat stasiun SLIM-N-BIL. Akan tetapi, sebelum itu guru juga harus bisa membaca kemampuan dirinya sendiri, agar tidak salah membuat rancangan stasiun kecerdasan. Beranjak dari masalah tersebut, maka dibuat pelatihan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai calon guru yang menjadi cikal bakal proses pendidikan setelah orang tua di rumah. Hasil pelatihan kemudian dijabarkan dengan metode deskriptif kualitatif dalam artikel ini. Adapun rumusan masalah berfokus pada: 1) apa yang dimaksud dengan stasiun SLIM-N-BIL?, 2) bagaimana menyosialisasikan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada mahasiswa, serta 3) bagaimana seorang mahasiswa calon guru merancang stasiun SLIM-N-BIL sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri? Hasil yang diperoleh dari pengisian angket, menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memiliki dominasi gaya belajar yang berbeda. Dengan demikian, mahasiswa tersebut dapat mengikuti modalitas yang dimilikinya saat membuat stasiun SLIM-N-BIL, tanpa harus meniru gaya guru yang lainnya.

References

DePorter, B, Reardon, M, & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa.

Jasmine, J. (2016). Metode mengajar multiple lntelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47-54.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan: jenis, metode dan prosedur. Jakarta: Kencana.

Sapdiani. R, Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur†Karya Hasta Indriyana. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101-114.

Sobari, T. (2015). Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional di smk. Semantik, 1(1).

Published

2022-07-12