OPTIMALISASI MUSIK, GERAK, DAN LAGU DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI PASCA BENCANA

Authors

  • Sharina Munggaraning Westhisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Nadi Rahmi Adeska Putri Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Nur Hikmah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Putri Indriyani Sugianto Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v10i1.3723

Keywords:

Motivasi Belajar, Pasca Bencana, Musik, Gerak, dan Lagu.

Abstract

Bencana gempa di wilayah Cianjur dan sekitarnya beberapa waktu lalu berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran pada level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ikut terdampak pasca bencana tersebut, sehingga diperlukan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembalikan motivasi belajar anak dan kembali ke sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi musik, gerak, dan lagu pada kegiatan pembelajaran untuk memotivasi belajar anak pasca bencana. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi musik, gerak, dan lagu pada kegiatan pembelajaran di PAUD mampu menstimulasi dan membangun motivasi belajar anak pasca bencana. Pembelajaran yang terintegrasi dengan gerakan melalui kegiatan bermain mampu berkontribusi positif untuk membangun motivasi belajar anak, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan nyaman dapat berdampak positif bagi anak dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak secara optimal. 

References

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Itmeria, A. D., Haryono, M., & Bendriyanti, R. P. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Senam Gerak Dan Lagu Rentang Tangan Untuk Meningkatkan Kemapuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini 5- 6 Tahun. Early Childhood Research and Practice, 3(2), 23–27.

Kurniati, E., Sari, N., & Nurhasanah, N. (2021). Pemulihan Pascabencana pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Teori Ekologi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 579–587. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1026

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). California: SAGE Publications, Inc.

Mulyani, N., & Purwokerto, I. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Gerak Dan Lagu Di Tk Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 13-24

Nurainiyah & Novita Widiyaningrum. (2021). Metode Bermain Gerak Dan Lagu Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i1.569

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958

Wahyuni, S., Putri, A. A., & Fadillah, S. (2021). Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pada Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid -19. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 12–21.

Published

2023-06-01