EFEKTIVITAS DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD (Studi Deskriptif Pada Pendidik Paud Di Kota Cimahi)

Lenny Nuraeni, Arifah Riyanto

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi Pendidik PAUD setelah mengikuti Pelatihan Tingkat Dasar di Kota Cimahi, menganalisis Kompetensi Pendidik PAUD setelah mengikuti Diklat berjenjang tingkat dasar di Kota Cimahi, dan menganalisis efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar terhadap peningkatan kompetensi pedagogik Pendidik PAUD di Kota Cimahi. Teori yang mendasari pada penelitian ini adalah Konsep Pendidikan dan Pelatihan, Konsep Kompetensi Pedagogik dan Konsep Diklat Berjenjang Tingkat Dasar. Untuk menguji hipotesis digunakan metode deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket, observasi, studi literatur, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pendidik PAUD di Kota Cimahi terdiri dari: Cimahi Utara, Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan. Sampel diambil sebanyak 108 orang dengan cara proportional random sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh keterangan bahwa variabel X (Metode Theurapeutic Community) memberikan pengaruh terhadap variabel Y (kesadaran) secara signifikan. Persamaan regresi yang dibentuk oleh kedua variabel tersebut adalah Y = 79,900 + 0,665 X. Hubungan di antara kedua variabel tersebut dikategorikan sedang. Hal ini ditunjukan oleh harga koefisien korelasi sebesar 0,512. Namun demikian harga tersebut signifikan pada tingkat kepercayaan 95 %, dimana harga t Hitung sebesar 6,136 hasil ini lebih besar dibandingkan dengan t tabel yang telah ditetapkan yaitu 1,658 maka hipotesis (H0) yang diajukan diterima). Atas dasar harga-harga tersebut maka disimpulkan bahwa Diklat Berjenjang Tingkat Dasar efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Pendidik PAUD di Kota Cimahi.

Kata Kunci: Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD

References


Abdulhak, I. (1996). Strategi Membangun Motivasi Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung : AGTA Manunggal Utama.

__________. (2000). Metode Pembelajaran pada Orang Dewasa. Bandung: Cipta Intelektual

Arikunto, S. (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Atmodiwirio. (2002). Manajemen Pelatihan. Jakarta: PT Pustaka

Kartono, K. (1990). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Nasution, S. (2003). Metode Research (penelitian ilmiah).Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (1993). Metode Penelitian . Jakarta: Ghalia.

Simamora, H. (1997). Manajemen Sumber Daya ManusiaEdisi Pertama. Yogyakarta:STIE YKPN.

Stanislaus-S, U. (2006). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sudjana, D. (2006). Sistem &Manajemen Pelatihan (Teori & Aplikasi). Bandung: Falah Production.

________, (2004). Pendidikan Luar Sekolah, Wawasan, Sejarah Perkembangan Falsafah dan Fakta Pendukung Azas. Bandung : Falah Production.

________, (2000). Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber daya Manusia .Bandung: Fallah Production

Sudjana, Nana. (2002). Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito.

Surakhmad, W. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito

User, Usman. Menjadi Guru Professional. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

.

Purwanto, N. (1990). Evaluasi Program Diklat. Jakarta: STIA-LAN

Wahjosumijo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.