PENERAPAN METODE PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAHUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUNPENELITIAN TINDAKAN KELAS (Penelitian Tindakan terhadap Guru-guru SDdi Kota Cimahi Semester 1 Tahun 2016/2017)

Muslihuddin Muslihuddin

Abstract


Fakta empirik dilapangan ternyata banyak ditemukan lemahnya kompetensi profesional, yaitu kemampuan menulis karya ilmiah dikalangan guru/konselor masih kurang. Bertolak dari permasalahan tersebut di atas, maka widyaiswara perlu memberikan bantuan dalam  usaha peningkatan sumber daya guru. Untuk itu widyaswaramelakukan perbaikan pembinaan melalui PTS , karena PTS merupakan cara yang tepat bagi widyaswara untuk mengatasi permasalahan guru-guru yang menjadi binaannya. Metode penelitaian yang dipilih adalah metode penelitian tindakan dalam hal ini adalah penelitian tindakan sekolah. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan pada guru-guru yang menjadi binaan peneliti di Kota Cimahi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun  PTK dengan  menggunakan   metode Pelatihan KTI. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa data siklus I dan siklus II setelah diterapkan metode pelatihan PTK ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menulis PTK.Pada Pra PTS  rata-rata nilai  37.2 dengan rincian kategori cukup 24% , kurang 60% dan sangat kurang 16%. Sedangkan pada Siklus I rata-rata nilai  55.92, dengan rincian kategori baik  28% dan kategori cukup 72%. Pada Siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 76.20 dengan rincian kategori sangat baik 40% dan kategori baik 60%. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan KTI memberikan dampak yang signifikan bagi guru-guru untuk meningkatkan kemampuan menulisnya.

References


Dede Rahmat hidayat, 2012, Penelitian Dalam Bimbingan Konseling, Jakarta, Indeks

Departemen Pendidikan Nasional,2007, Permendiknas RI No. 12 .Standar

Widyaswara.

.............,2008, Standar Kualifikasi akademik & Kompetensi Konselor

..............,2005, Naskah Layanan Konseling perorangan , layanan BK kelompok

Muslihuddin,2011, Kiat sukses melakukan Penelitian Tindakan Kelas &Sekolah,Bandung, Rizqi Press.

Mullins Laurie J ,2005,Management and Organisational Behavioral ,Edinburgh,Gate: Prentice Hal Financial Times.

Nana Sudjana,2009, Penelitian Tindakan Kewidyaswaraan , Bandung Binamitra Publishing.

Prayitno, 1999, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling,Jakarta,Pt.Rineka Cipta

Sofyan Willis,2004, Konseling Individual teori dan Praktek, Bandung,Alfabeta

Sunarya K.,2008, Pemantapan Fungsi Dan Peran Bimbingan Dalam MendukungPeningkatan Mutu Pendidikan Nasional, Bandung, UPI.

Zaenal Arifin , 2008 , Karya Tulis Ilmiah,Jakarta , Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.